Advertisement

Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton

Ujang Hasanudin
Kamis, 08 April 2021 - 06:57 WIB
Maya Herawati
Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton   Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Bendoro saat menunjukkan ruang pameran bertema Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton di Kompleks Kedhaton, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. (ist - Humas Pemda DIY)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar pameran temporer bertema Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton. Pameran ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati 32 tahun Sultan HB X bertakhta sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sri Sultan HB X yang ke-75 pada 2 April lalu.

Pameran temporer Bojakrama digelar pada 2 April hingga 27 Juni 2021 di kompleks Kedhaton, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. “Publik akan disuguhkan dengan berbagai koleksi peralatan makan dan minum yang digunakan untuk jamuan, informasi mengenai jamuan hingga berbagai aturan protokoler yang menyertainya,” kata Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, Rabu (7/4).

Advertisement

Tradisi jamuan di Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792) terus berkembang. “Puncaknya pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ditandai dengan munculnya istilah rijsttafel, yaitu sajian makan nasi yang dihidangkan secara spesial,” katanya.

Bendara mengatakan berbagai sajian dalam jamuan tidak terbatas pada kuliner maupun kudapan, tetapi juga protokol yang menyertainya. Dahulu, sering diadakan jamuan bergaya Eropa di Bangsal Manis dengan menu ala barat disertai dengan seni pertunjukan sebagai bagian dari ritual kenegaraan.

Pameran Bojakrama akan memperlihatkan berbagai koleksi peralatan makan dan minum yang terbuat dari perak, porselin hingga kristal koleksi Keraton Ngayogyakarta. Setidaknya ada 60 set koleksi yang akan diperlihatkan untuk pameran Bojakrama kali ini. Selain itu, ada pula cerita mengenai perjamuan kenegaraan di Keraton Ngayogyakarta yang digambarkan dengan foto dan ilustrasi sebagai pelengkap.

Pembukaan pameran Bojakrama sudah disiarkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja pada 2 April 2021 pukul 18.30 WIB. Tidak ada seremoni khusus atau acara langsung dilokasi. Pembukaan pameran diawali dengan sambutan dari Ngarsa Dalem (Sri Sultan HB X), kemudian disusul dengan pemutaran video proses persiapan pameran Bojakrama dan dilanjutkan dengan penampilan Beksan Kuda Gadhingan yang telah direkam dan disiarkan secara premier. Semua ini dapat disaksikan melalui tautan https://youtu.be/G2xMtR7HS_w.

Pameran Bojakrama akan diikuti dengan berbagai acara edukasi, seperti Sudut Kurator yang membahas mengenai koleksi perlengkapan makan dan minum Keraton Ngayogyakarta secara daring melalui Zoom.

“Ada Virtual Tour yang akan mengajak pemirsa berkeliling ke tempat-tempat penting yang pernah digunakan untuk perjamuan di Keraton Jogja. Selain itu, juga akan ada Workshop Minum Teh, setiap peserta yang mengikuti akan dikirimkan teh dan berinteraksi secara langsung melalui Zoom meeting sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ujar Bendara.

Selain itu juga akan ada Pentas Musikan Mandalasana yang akan disiarkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja. Pameran yang berlangsung pada 2 April-27 Juni ini berlangsung setiap Selasa-Minggu sekitar pukul 08.00-14.00 WIB. Khusus Bulan Puasa Jumat-Minggu pukul 11.00-17.00 WIB. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement