Advertisement

Mengembalikan Kejayaan Sarkem Lewat Festival

Yosef Leon
Sabtu, 17 April 2021 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Mengembalikan Kejayaan Sarkem Lewat Festival Sarkem Fest secara virtual, Sabtu (17/4/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja bersama insan pariwisata setempat menghelat Sarkem Fest edisi pertama secara virtual, Sabtu (17/4/2021). Pada tahun ini, dengan mengangkat tema Menyapa Rasa, Menggapai Martabat, Sarkem Fest 2021 digelar dengan format hibrida, yakni luring dan daring.

Sarkem Fest merupakan agenda tahunan yang digelar untuk menghapus stigma negatif terhadap kawasan itu. Di lain hal, Sarkem Fest diharapkan pula mampu mendongkrak potensi seni, budaya dan ekonomi di kawasan setempat.

Advertisement

BACA JUGA: Vaksin Nusantara Tak Kantongi Izin & Dianggap Langgar Kaidah Penelitian

Ada sejumlah agenda dan juga penampil yang bakal menghibur masyarakat dalam kegiatan ini, yakni pameran UMKM, fashion show, live music, sarkem jazz, dan lain sebagainya.

Salah seorang inisiator Sarkem Fest, Arif Effendi mengatakan sewaktu dirinya kecil, banyak orang mengetahui Sarkem sebagai salah satu kawasan pusat akomodasi pariwisata. Pada 2017 dirinya berniat untuk mengembalikan kejayaan Sarkem dengan menggelar festival di Sarkem. "Akhirnya saya coba mengoordinasikan dengan teman-teman bagaimana untuk menggagas festival tersebut," katanya.

Akhirnya inisiatif itu dimulai dengan menyelenggarakan Sarkem Jazzy dan berlangsung secara perdana pada 2019 lalu. "Dan harapan kami acara ini akan terus berlanjut serta bisa terus menginspirasi semua pihak dan menjadi momentum untuk bangkit," katanya. 

Salah satu peserta yang tampil dalam Sarkem Fest 2021 yakni Huaton Dixie yang menampilkan aliran musik jazz. Grup penampil ini terdiri dari kalangan dan usia yang beragam serta memadukan instrumen musik yang lengkap berupa gitar, perkusi, terompet, banjo, dan lain sebagainya.

"Kami membawakan genre dixie dalam setiap penampilan kami dan penuh dengan improvisasi. Jadi kami langsung main dan tanpa latihan," ujar Agung, salah satu anggota Huaton Dixie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement