102 Peristiwa Bencana Terjadi di Kota Jogja Selama 2020

Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
26 April 2021 13:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO -- Tercatat sebanyak 102 bencana terjadi di Kota Jogja selama 2020. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nurhidayat, jumlah tersebut terdiri dari tiga kejadian banjir, 70 kejadian cuaca ekstrim, 22 kejadian longsor, dan tujuh kejadian lain (tower roboh dan lainnya).

Kejadian ini mengakibatkan 277 orang mengungsi sementara, 78 rumah rusak dan 43 kerusakan lain-lain (menimpa mobil, jaringan listrik PLN dan Telkom). "Untuk bencana pandemi Covid-19, pada tahun 2020, BPBD Kota Jogja melayani pemulian jenazah dengan protokol Covid-19 berjumlah 132 pemakaman. Sementara itu, dari Januari 2021 sampai dengan 25 April 2021 ini, BPBD Kota Jogja telah melayani 67 laporan kejadian yang diakibatkan cuaca ekstrim dan tanah longsor dan 203 pemakaman dengan protokol Covid-19 dengan trend yang belum dapat diprediksi," kata Nurhidayat dalam rilis tertulisnya, Senin (26/4/2021).

BACA JUGA : Dalam Dua Hari, Ada Tiga Titik Longsor di Kota Jogja

Melihat masih banyaknya jumlah bencana, bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021, Nurhidayat meminta kerja sama semua pihak dalam kesiapsiagaan dan penanganan bencana. Sesuai dengan arahRencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, diamanatkan untuk memprioritaskan Pembangunan Lingkungan Hidup, Peningkatan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim, serta arahan dari BNPB untuk melaksanakan peningkatan ketahanan bencana.

Adapun tema Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021 yaitu Siap Untuk Selamat dan sub-tema Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana. "Harapannya ke depan ada kesadaran dan keterlibatan pemerintah pusat dan daerah, keluarga, masyarakat, akademisi, dunia usaha dan media semakin tinggi terhadap ketahanan bencana," kata Nurhidayat.

BACA JUGA : Waspada! Sepanjang Bantaran Sungai di Kota Jogja Rawan 

Untuk kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, beberapa strategi yang BPBD Kota Jogja lakukan seperti pemetaan kawasan resiko bencana. Adapula pembentukan Kampung Tangguh Bencana (KTB) di wilayah Kota Jogja. Sampai dengan April 2021, sudah ada 119 KTB yang tersebar di beberapa wilayah.

Selain itu, kesiapsiagaan juga terkait dengan sarana dan prasarana penunjang dalam menangani bencana dan juga personilnya. "Dalam melaksanakan tugasnya, BPBD Kota Jogja didukung oleh 94 personil," kata Nurhidayat.