Advertisement

Pemda DIY Pastikan Siswa Sekolah Belum Termasuk Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ujang Hasanudin
Senin, 26 April 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Pemda DIY Pastikan Siswa Sekolah Belum Termasuk Sasaran Vaksinasi Covid-19 Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyatakan siswa belum termasuk sasarana vaksinasi Covid-19 karena vaktor usia. Vaksin yang ada saat ini dikhususkan untuk warga yang berusia 18 tahun ke atas.

“Kalau siswa karena usia, jadi vaksinasi untuk siswa masih belum memungkinkan karena yang boleh divaksin kan 18 tahun ke atas. Yang sudah boleh kan lansia, anak di bawah 18 tahun belum boleh,” kata Baskara Aji, Senin (26/4/2021).

Advertisement

Sementara untuk orang tua siswa, kata Baskara Aji, masuk sasaran vaksinasi Covid di kelompok umum. Namun waktu vaksinasi kelompok umum, Baskara Aji tidak menyebutkan karena saat ini Pemda DIY masih mengejar target vaksinasi untuk guru, lansia, dan pelayan publik.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie juga menyatakan vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini tidak diperuntukan untuk anak usia di bawah 18 tahun. Sehingga pihaknya tidak berani memvaksin para siswa yang notaben usianya masih di bawah 18 tahun.

BACA JUGA: Sepuluh SD dan SMP Kota Jogja Gelar Uji Coba PTM Akhir April

Sementara vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua yang menyasar tenaga kesehatan, pelayan publik, dan lanjut usia baru mencapai 51,48% atau 341.745 orang untuk dosis pertama dan 29,99% atau 199.084 orang untuk dosis kedua dari total sasaran 663.902 orang. Vaksinasi guru dan pelaku wisata masuk dalam pelayan publik. Data tersebut per 25 April 2021.

Untuk mempercepat vaksinasi pihaknya terus melakukan upaya melalui vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan maupun kerjasama dengan pihak ketiga. Pembajun juga meminta kabupaten kota untuk mempercepat vaksinasi melalui fasilitas kesehatan maupun massal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement