Program Jumat Berkah, Diskominfo DIY Bantu Anak Yatim Piatu

Kepala Diskominfo DIY, Rony Primanto Hari (depan kanan) menyerahkan bantuan sembako kepada pengurus Panti Asuhan Yatim Piatu dan Duafa Mustika Tama, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, dalam Program Jumat Berkah, Jumat (7/5/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
07 Mei 2021 19:12 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY menyalurkan bantuan sosial melalui Program Jumat Berkah. Pada Jumat (7/5/2021), jawatan ini menyalurkan bantuan untuk dua panti asuhan yang ada di Kabupaten Bantul. Harapannya, dengan bantuan ini anak-anak yatim piatu di panti asuhan bisa ikut merasakan suasana Lebaran.

Kepala Diskominfo DIY, Rony Primanto Hari mengatakan kegiatan Jumat Berkah yang digelar selama Ramadan telah berjalan tiga pekan dengan sasaran berbeda-beda. Di awal Ramadan, kegiatan Jumat Berkah menyasar warga di sekitar Kantor Diskominfo DIY. Pada pekan ketiga, bantuan bahan pokok disalurkan ke Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Dzikro, Wukirsari, Imogiri, dan Panti Asuhan Yatim Piatu dan Duafa Mustika Tama, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

"Hari ini kami [Diskominfo DIY] mengadakan Jumat Berkah di panti asuhan yang ada di wilayah Bantul," tuturnya saat ditemui, Jumat.

Menurut Rony, kegiatan Jumat Berkah di Bantul menyasar panti asuhan dengan pertimbangan lembaga ini sangat membutuhkan bantuan. Bantuan sosial yang diberikan merupakan sumbangan dari para staf dan karyawan Diskominfo DIY beserta sejumlah mitra kerja. "Kami bersama dengan mitra kerja melaksanakan kegiatan ini dengan harapan bisa membagi kebahagiaan dan membagi berkah," tuturnya.

Bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan seperti beras, telur, mi instan, minyak goreng dan bahan pangan lainnya. Bantuan ini diharapkan bisa digunakan warga di kedua panti asuhan untuk ikut merayakan Idulfitri. "Mudah-mudahan setelah Ramadan kami bersama sejumlah mitra bisa tetap memberikan bantuan dengan jangkauan yang lebih luas," katanya.

Pengasuh Panti Asuhan Al-Dzikro, Turmudi berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, panti asuhan yang dikelola merawat 27 anak asuh di dalam panti dan 60 anak asuh di luar panti. Bantuan bahan pokok yang diberikan nantinya bakal digunakan sebaik-baiknya untuk pemenuhan gizi anak-anak panti asuhan.

Ketua Panti Asuhan Yatim Piatu dan Duafa Mustika Tama, Paiman Budi Sarjono mengaku merawat 30 anak di dalam panti dan menyantuni 240 orang duafa di luar panti. "Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat baik bagi anak-anak kami yang ada di dalam panti maupun di luar panti," ujarnya.