Lebaran, RSUD & Puluhan Puskesmas di Bantul Tak Beroperasi Pada Tanggal Ini

Ilustrasi. - Antarafoto
10 Mei 2021 20:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pelayanan poliklinik umum di 27 puskesmas di Bantul dipastikan libur pada 13 hingga 14 Mei 2021. Sedangkan layanan poliklinik umum di RSUD Bantul akan libur pada 12 hingga 14 Mei 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Agus Budiraharja mengatakan semua pelayanan poliklinik umum untuk 27 puskesmas di Bantul hanya akan libur pada 13 Mei dan 14 Mei. Sementara untuk tanggal 12 Mei, tidak ada libur pelayanan.

"Jadi tidak ikut cuti bersama. Semua layanan seperti biasa," kata Agus, di ruang kerjanya, Senin (10/5/2021).

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang Lagi PPKM Mikro Hingga 31 Mei

Meski pelayanan poliklinik libur pada 12 dan 13 Mei, namun Agus memastikan pelayanan instalansi gawat darurat (IGD) dan rawat inap tetap buka 24 jam. Harapannya, dengan tetap dibuka 24 jam, maka jika ada kejadian dan hal insidental akan tetap terlayani.

Selain itu, Agus juga memastikan telah menyiapkan rumah sakit untuk pelayanan persalinan yakni RSUD Panembahan Senopati, PKU Muhammadiyah dan RSPAU Hardjolukito. "Kami juga siapkan RS Lapangan yang disetting siap untuk melakukan pelayanan persalinan," kata Agus.

Disinggung mengenai gerakan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) selama Lebaran, Agus memastikan kegiatan tersebut tetap berjalan. "Dan tidak ada perubahan," ucap Agus.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Agus Tri Widiyantara mengatakan pelayanan poliklinik, rehabilitasi medik dan kemoterapi libur dari 12 hingga 14 Mei 2021. Pelayanan akan kembali dibuka pada 15 Mei 2021.

"Sedangkan untuk pelayanan IGD, rawat inap, kamar bersalin, laboratorium, radiologi dan instalasi rawat intensif buka seperti biasa," kata Agus.