Tiadakan Kunjungan Lebaran, Lapas Wirogunan Fasilitasi Napi Via Video Call

Suasana apel siaga persiapan Lebaran di Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Rabu (12/5/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
12 Mei 2021 15:37 WIB Yosef Leon Pinsker Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan Jogja masih meniadakan kunjungan kepada narapidana pada Lebaran tahun ini. Namun, Lapas memfasilitasi para narapidana melalui layanan video call agar bisa melepas rindu dan bersilaturahmi kepada keluarga masing-masing.

Kepala Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Arimin menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Kemenkumham, di masa pandemi ini kunjungan langsung ke Lapas masih belum diperbolehkan guna mencegah penyebaran Covid-19. Maka itu layanan via video call diberikan kepada keluarga narapidana sebagai pengganti kunjungan langsung.

"Tetap kami layanan untuk yang kunjungan tapi masih secara virtual," katanya usai apel siaga persiapan jelang Lebaran, Rabu (12/5/2021) di Lapas setempat.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Wilayah Bantul Libur Dua Hari

Dia menjelaskan, pemberhentian kunjungan secara langsung ini belum bisa dipastikan berlangsung sampai kapan. Namun demikian pihaknya memastikan bahwa narapidana yang ingin terhubung dengan keluarganya akan difasilitasi oleh Lapas Wirogunan.

"Kami juga menambah personel dan sarana prasarana tambahan untuk memfasilitasi layanan video call bagi narapidana," ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya menyiagakan sejumlah personel tambahan untuk siaga pada momen Lebaran nanti. Para personel itu nantinya akan mengawasi keamanan dan ketertiban di Lapas pada hari Lebaran serta memastikan bahwa perayaan Idulfitri berjalan kondusif di dalam Lapas, terlebih bagi yang mengakses layanan video call.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Kemenhub Usulkan Testing Intensif di Daerah Konsentrasi

"Untuk pengamanan masih seperti biasa, namun ada tambahan personel yang berjaga saat narapidana mengakses layanan video call sebanyak tiga sif," katanya.

Arimin menambahkan, personel itu akan mengawasi dan berjaga pada hari Lebaran sampai dengan H+2. Pihaknya berharap meski Lebaran kali ini masih dalam suasana pandemi, warga binaan dan petugas Lapas bisa tetap merayakan Idulfitri dengan khusyuk dan kondusif.