Harga Daging Sapi di Sleman Naik Rp5.000 Per Kg

Ilustrasi. - Freepik
12 Mei 2021 01:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Ketersediaan bahan-bahan pokok menjelang lebaran di Sleman masih aman. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman bahkan mengklaim tidak ada lonjakan harga bahan-bahan pangan kecuali untuk harga daging sapi.

Kepala Disperindag Sleman Mae Rusmi menyatakan berdasarkan pemantauan di beberapa lokasi, baik itu distributor, toko grosir hingga pasar tradisional, ketersediaan bahan pangan menjelang Idulfitri mencukupi, terutama stok sembako, baik beras, gula, minyak, telur dan daging semua dipastikan aman.

"Memang ada peningkatan permintaan tapi jumlahnya tidak banyak. Kalau jelang lebaran dulu masih banyak restoran dan warung yang buka tapi saat ini banyak yang tidak beroperasi," kata Mae, Selasa (11/5/2021).

Disinggung soal kenaikan harga, Mae menyebut secara umum harga berbagai komoditas di pasaran cukup stabil. Beberapa komoditas bahkan mengalami penurunan harga seperti harga daging ayam dari sebelumnya Rp40.000 perkg saat ini sudah turun drastis. Begitu juga dengan harga telur ayam dan cabai.

"Yang naik justru daging sapi. Ada kenaikan Rp5.000 perkg. Saat ini sekitar Rp120.000 per kg. Kalau jelang lebaran tahun lalu harganya mencapai Rp150.000 perkg," katanya.