Tarik Pengunjung, GL Zoo Datangkan Singa Afrika

Ilustrasi singa - REUTERS/Fredy Builes
15 Mei 2021 08:19 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gembira Loka (GL) Zoo menambah dua spesies baru tahun ini. Menurut Manager Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan, penambahan koleksi itu berupa 12 ekor meerkat dan sepasang Singa Afrika. Dua jenis spesies ini sebelumnya belum ada di GL Zoo.

Koleksi ini sampai di Jogja pada Minggu (9/5) lalu. "Satwa baru ini bentuk salah satu kerja sama dengan Jatim Park Group. Kerja sama bisa berupa pertukaran satwa, di mana [satwa] tersebut tidak punya pasangan, kami pasangkan. Kemudian nanti bisa memiliki keturunan," kata Yosi saat ditemui di GL Zoo, Jumat (14/5/2021).

Untuk meerkat, menurut Yosi tidak ada sesuatu yang khusus atau istimewa. Namun hewan ini tergolong lucu dan sering muncul sebagai karakter di film-film. Sehingga ada kemungkinan meerkat banyak penggemar.

Untuk perlakuan di kandang, lantaran secara iklim hampir mirip dengan negara asalnya di Afrika Selatan, sehingga tidak terlalu ribet. Pengelola hanya perlu membuat kandang dengan nuansa semi gurun seperti tempat tinggalnya dahulu. Dibuat pula beberapa lubang di pasir sebagai tempat aktivitas khasnya dalam menggali.

Untuk Singa, meski GL Zoo menambah sepasang, saat ini baru datang satu ekor. Sisanya masih dalam kepengurusan. Penambahan spesies yang bertepatan dengan libur Idulfitri ini sebagai upaya pengelola menarik pengunjung.

"Butuh inovasi baru. Kalau tahun lalu pernah ke sini, setiap tahun paling tidak ada sesuatu yang baru untuk daya tarik," kata Yosi.

Dengan penambahan ini, GL Zoo total memiliki koleksi sekitar 1.200 hewan. Bagi pengunjung yang hendak menikmati GL Zoo, selama libur Idulfitri 13-23 Mei 2021 harga tiket naik dari Rp60.000 menjadi Rp80.000. Adapun jam kunjungan GL Zoo dari 8.30 sampai 16.00 WIB.