Pemkot Tunggu Arahan Pemda DIY Terkait Penataan PKL di Eks Bioskop Indra

Sejumlah pekerja memasang lantai konblok pada sentra UKM di bekas lahan eks Bioskop Indra di Jalan Malioboro, Jogja, Jumat (15/11 - 2019). / Harian Jogja / Desi Suryanto.
21 Mei 2021 08:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO -- Terkait teknis pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) menuju gedung Eks Bioskop Indra di kawasan Malioboro, Pemerintah Kota Jogja masih tunggu pembahasan di tingkat Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM KotaKota Jogja, Tri Karyadi Riyanto, kemungkinan PKL yang akan pindah berada dalam naungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Cagar Budaya.

BACA JUGA : Pemda DIY Menang di MA, Gedung di Lahan Eks Bioskop Indra Malioboro Segera Dimanfaatkan

Namun sejauh ini belum ada petunjuk detail PKL terkait jumlah, jenis, dan lainnya yang akan dipindahkan.

"Nantinya di lokasi Eks Bioskop Indra itu mestinya saja yang ada di Malioboro, karena ini sifatnya penataan. Tapi secara teknis belum diatur, ini baru penyusunan. Koordinasi teknis belum karena ini masih penggodokan," kata Tri.

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Kota Jogja, Ekwanto juga belum mendapat arahan teknis terkait pemindahan PKL. "Belum, masih dalam pembahasan provinsi," kata Ekwanto.

"Belum ada persiapan."

BACA JUGA : Ratusan PKL di Malioboro Bakal Segera Dipindahkan

Setelah menang melalui Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA) terkait sengketa Eks Bioskop Indra beberapa waktu lalu, Pemda DIY segera memanfaatkan bangunan tersebut untuk sentra Usaha Mikro, Kecil dan Mengah (UMKM). Sebelumnya bangunan yang menelan anggaran Rp62 miliar tersebut sempat mangkrak karena terjadi sengketa dengan ahli waris Eks Bioskop Indra.