Advertisement

Jalur Kereta Bandara YIA Hampir Selesai

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 24 Mei 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Jalur Kereta Bandara YIA Hampir Selesai Jembatan Rel kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang telah terpasang di atas jalan nasional Wates-Purworejo, seperti terlihat Rabu (31/3/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Progres pembangunan jalur kereta api (KA) Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) telah mencapai sekitar 90%. Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub berencana menguji coba rel pada Juli 2021 mendatang.

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, mengatakan struktur bawah jalur layang rel bandara YIA sepanjang 5,3 kilometer yang membentang di lahan persawahan di tiga desa yakni Kaligintung, Kedundang, dan Kalidengen, Kapanewon Temon, sudah selesai.

Advertisement

BACA JUGA: Pembayaran Tiket Nontunai di Objek Wisata Bantul Masih Minim

"Hingga kini progres pembangunan rel bandara YIA sudah menyentuh angka 90,26 persen. Rata-rata sudah rampung semua. Hanya menyisakan tiga titik yang masih kami kejar yakni di Kalurahan Kaligintung dan Kalidengeng. Kemudian, saat ini kita sudah mulai melakukan pekerjaan trek, sehingga ada gelar balast, kemudian pemasangan bantaran beton dan relnya," kata Dheky pada Senin (24/5/2021).

Stasiun yang berada di bandara YIA juga masih dalam tahap pengerjaan. PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura 1.

Stasiun Kedundang yang menjadi titik henti sementara sebelum kereta menuju ke stasiun yang berada di YIA juga sudah rampung dibangun dan tinggal menunggu pemasangan listrik oleh PLN.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub merencanakan uji coba Stasiun Bandara YIA pada Juli 2021 mendatang.

“Uji coba secara terbatas sesuai dengan pola operasinya. Titik pemberhentiannya dari Stasiun Tugu, Stasiun Wates dan di Bandara YIA," kata Dheky.

BACA JUGA: Viral Disebut Terlibat Tabrak Lari, Ini Respons Roy Suryo

"Nanti kemungkinan ada satu stasiun lagi di antara Stasiun Tugu-Stasiun Wates."

Pembangunan jalur kereta YIA dimulai sejak Desember 2019 diprediksikan mampu mempersingkat waktu perjalanan menjadi hanya 45 menit, lebih singkat dibanding melewati jalan raya yang bisa memakan waktu hingga 60-90 menit perjalanan. Proyek tersebut memiliki nilai investasi sebesar Rp1,1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement