Advertisement

55 Warga di 2 RT di Sleman Positif Covid-19

Lugas Subarkah
Selasa, 25 Mei 2021 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
55 Warga di 2 RT di Sleman Positif Covid-19 Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sedikitnya 35 warga di dua RT di Padukuhan Ngaglik, Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Sleman, dinyatakan positif Covid-19. Penemuan kasus ini merupakan hasil tracing dari 20 kasus positif sebelumnya, sehingga total kini kasus positif menjadi 55 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, menjelaskan tambahan 35 kasus positif ditemukan setelah penelusuran massal kepada 203 warga di RT 01 dan RT 02 Padukuhan Ngaglik, Sabtu (22/5/2021) lalu. “Sebagian besar dari 35 itu sudah dievakuasi di Asrama Haji ataupun Rusun Gemawang,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Resmi! DIY Siapkan 4 Zonasi PPDB, Ini Rinciannya

Dari total 55 kasus positif tersebut, satu orang meninggal dunia. Pasien meninggal tersebut termasuk dalam 20 kasus awal dan memiliki penyakit komorbid. Sementara 35 kasus positif yang baru kata dia, semua dalam kondisi gejala ringan.

Setelah penemuan ini, ia mengatakan Dukuh Ngaglik sudah mengambil tindakan lockdown di dua RT tersebut. “Yang satu, RTsona merah yang satu oranye,” ungkapnya.

Meski bisa disebut klaster, sumber penularan menurutnya sulit diidentifikasi. Hal ini disebabkan di masa sekarang aktivitas masyarakat tidak hanya berkumpul di satu padukuhan, melainkan bisa juga ikut pengajian di luar padukuhan, bekerja di tempat lain bahkan di luar Kabupaten.

Meski demikian berdasarkan pendataan, kasus awal klaster ini terjadi sebelum lebaran. “Lebaran tanggal 13, satu kasus ketemu tanggal 9 Mei. Itu ketahuan di rumah sakit di Puri Husada,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement