Advertisement

Mengenang 15 Tahun Gempa, Warga Potrobayan Ungkap Adanya Suara Dentuman

Jumali
Kamis, 27 Mei 2021 - 12:17 WIB
Sunartono
Mengenang 15 Tahun Gempa, Warga Potrobayan Ungkap Adanya Suara Dentuman Warga Potrobayan, Srihardono, Pundong, Bantul mengenang 15 tahun gempa. - Harian Jogja/Jumali.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Hari ini, Kamis, 27 Mei 2021, lima belas tahun lalu, Kabupaten Bantul diguncang gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter. 

Banyak cerita dari warga di sekitar lokasi pusat gempa di Kapanewon Pundong, terkait dengan peristiwa yang meluluhlantahkan Bumi Projotamansari.

Advertisement

Salah satu warga Pedukuhan Potrobayan, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul Suwarno mengatakan saat gempa masih tinggal di Canden, Jetis, yang berjarak 2 kilometer dari pusat gempa di Potrobayan, Srihardono, Pundong.

BACA JUGA : Gempa Magnitudo 6,2 Terasa Sampai Jogja dan Sebagian

Meski demikian, dampak gempa dirasakan dirinya bersama dengan keluarga. Sebab, rumah di bagian belakang yang dihuninya hancur. Beruntung, saat gempa, Suwarno bersama keluarga di ruang tengah dan sedang berdoa.

"Dan kami sekeluarga selamat dari musibah tersebut," katanya, Kamis (27/5).

Suwarno bersama keluarga sendiri pindah ke Pedukuhan Potrobayan, lima tahun usai gempa. Adapun lokasi dari rumah Suwarno berada 50 meter dari Tugu Prasasti Episentrum Gempa Bumi Bantul.

Karena dekat dengan pusat gempa, selama 6 tahun pertama tinggal di Potorobayan, Suwarno dan keluarga masih kerap mendengar dentuman dan gemuruh yang diduga berasal dari dalam tanah. Utamanya pada malam hari. Adapun suara dentuman dan gemuruh dalam semalam bisa beberapa kali terdengar.

BACA JUGA : Sangihe Diguncang Gempa Bumi dengan Magnitudo 5,1

"Itu awal-awal tinggal disini. Kami masih sering mendengar dentuman dan gemuruh. Untuk lokasi sepertinya dalam tanah," ungkapnya.

Dukuh Potrobayan Sayudi mengakui mengakui jika suara dentuman masih terdengar enam bulan setelah gempa. Setelah gempa, biasanya diikuti gempa berskala kecil.

"Jika suaranya dung, pasti disusil goyangan gempa," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement