Soal Kartu Nikah Digital, Kemenag Bantul Tunggu Instruksi

Kartu nikah. - Istimewa
28 Mei 2021 06:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kementerian Agama RI berencana meluncurkan kartu nikah digital dalam waktu dekat. Sejauh ini hanya daerah percontohan yang bakal menggunakan kartu ini. Khusus untuk Bantul, Kemenag masih menunggu instruksi.

Kepala Kemenag Bantul, Aidi Johansyah menerangkan kartu nikah digital akan diluncurkan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berbarengan dengan peresmian revitalisasi KUA di Banjarnegara. "Program kartu nikah digital merupakan program dari Bimas Islam Kemenag RI," tuturnya saat ditemui, Kamis (27/5/2021).

Menurut Aidi, Kemenag Bantul hanya menunggu realisasi kebijakan di daerah. Saat ini Kemenag Bantul masih menunggu kejelasan dari program katu nikah digital. Dari segi perbedaan, kartu nikah digital kemungkinan besar lebih mudah diakses dibanding buku nikah sebelumnya yang harus dicetak.

"Kemungkinan diluncurkan pada Sabtu [29/5/2021] di Banjarnegara. Kami juga belum tahu apakah nanti Bantul ditunjuk untuk mengimplementasikan program itu atau tidak," katanya.

Dijelaskan Aidi, selain KUA Banjarnegara, revitalisasi KUA Sewon juga termasuk yang dijadikan role model di Indonesia. Namun Aidi tak tahu apakah KUA Sewon juga bakal ditunjuk untuk menerapkan kartu nikah digital. "Sampai saat ini kami belum mendapatkan pemberitahuan," ujar Aidi.