Advertisement

Soal Kartu Nikah Digital, Kemenag Bantul Tunggu Instruksi

Catur Dwi Janati
Jum'at, 28 Mei 2021 - 06:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Soal Kartu Nikah Digital, Kemenag Bantul Tunggu Instruksi Kartu nikah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kementerian Agama RI berencana meluncurkan kartu nikah digital dalam waktu dekat. Sejauh ini hanya daerah percontohan yang bakal menggunakan kartu ini. Khusus untuk Bantul, Kemenag masih menunggu instruksi.

Kepala Kemenag Bantul, Aidi Johansyah menerangkan kartu nikah digital akan diluncurkan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berbarengan dengan peresmian revitalisasi KUA di Banjarnegara. "Program kartu nikah digital merupakan program dari Bimas Islam Kemenag RI," tuturnya saat ditemui, Kamis (27/5/2021).

Advertisement

Menurut Aidi, Kemenag Bantul hanya menunggu realisasi kebijakan di daerah. Saat ini Kemenag Bantul masih menunggu kejelasan dari program katu nikah digital. Dari segi perbedaan, kartu nikah digital kemungkinan besar lebih mudah diakses dibanding buku nikah sebelumnya yang harus dicetak.

"Kemungkinan diluncurkan pada Sabtu [29/5/2021] di Banjarnegara. Kami juga belum tahu apakah nanti Bantul ditunjuk untuk mengimplementasikan program itu atau tidak," katanya.

Dijelaskan Aidi, selain KUA Banjarnegara, revitalisasi KUA Sewon juga termasuk yang dijadikan role model di Indonesia. Namun Aidi tak tahu apakah KUA Sewon juga bakal ditunjuk untuk menerapkan kartu nikah digital. "Sampai saat ini kami belum mendapatkan pemberitahuan," ujar Aidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement