Tambah 15 Orang, Jumlah Warga Tertular Corona di Gunungkidul Hampir 3.000

Ilustrasi. - Freepik
28 Mei 2021 16:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Kesehatan Gunungkidul melaporkan adanya tambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 15 kasus pada Jumat (28/5/2021). Dengan demikian, total angka penularan mencapai 2.995 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, tambahan 15 kasus baru berasal dari sejumlah kapanewon mulai dari Wonosari, Semanu, Ponjong, Gedangsari, Nglipar hingga Karangmojo. Mayoritas penambahan berasal dari penelusuran pasien positif dari kalangan petugas puskesmas.

“Memang berasal dari puskesmas, tapi asalnya berbeda-beda,” kata Dewi, Jumat (28/5/2021).

Ia juga memastikan penularan ini juga bukan berasal dari lokasi obyek wisata. Meski demikian, untuk kepastian apakah ada penularan yang berasal dari libur Lebaran masih harus menunggu waktu satu minggu.

“Untuk klaster wisata tidak ada. Tapi, untuk kepastian masih harus menunggu satu minggu lagi,” ungkapnya.

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Dicurigai Masuk Sleman

Meski hampir menembus 3.000 kasus, namun mayoritas warga tertular sudah dinyatakan sembuh. Pasalnya, hingga sekarang sudah ada 2.736 pasien sembuh. Sedangkan sisanya sebanyak 118 orang masih menjalani perawatan dan 141 orang dinyatakan meninggal dunia karena corona.

“Selain ada tambahan 15 kasus baru, hari ini [kemarin] ada tambahan pasien sembuh sebanyak lima orang,” katanya.

Ditambahkan Dewi berbagai upaya pencegahan terus dilakukan agar penularan bisa dicegah. Meski demikian, untuk efektifitas pencegahan dibutuhkan partisipasi masyarakat dengan tetap mematuhi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Tidak boleh bosan atau abai terhadap protokol kesehatan karena akan sangat berpengaruh terhadap upaya penanggulangan dan pencegahan,” katanya.