Advertisement

PDI Perjuangan DIY Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Media Digital
Sabtu, 29 Mei 2021 - 21:27 WIB
Sunartono
PDI Perjuangan DIY Gelar Simulasi Penanganan Bencana PDIP DIY menggelar simulasi penanggulangan bencana. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DPD PDI Perjuangan DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY mengadakan latihan simulasi penanganan bencana terutama bencana gempa bumi di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY Sabtu (29/5/2021). Kegiatan ini melibatkan Pengurus DPD, Pengurus BAGUNA, Personil Lapangan BAGUNA, Satgas Partai, Pengurus PAC, masyarakat sekitar kantor DPD dan bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Nur Rohmah Gunungkidul.

Kepala BAGUNA PDI Perjuangan DIY dr, Retno Handayani menjelaskan letak Indonesia yang berada pada jalur gunung berapi dunia (Ring of Fire) dan pertemuan tiga lempeng tektonik yang berpotensi menyebabkan gempa bumi vulkanik dan tektonik dari skala kecil hingga besar. Hal ini yang membuat PDIP merasa perlu menggelar simulasi.

Advertisement

BACA JUGA : PDIP DIY Gelar Diklatsar Instruktur SAR Baguna

Selain itu, kegiatan tersebut didorong oleh Perintah Harian Ketua Umum Partai, Ibu Megawati Soekarnoputri tentang  Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana juga kesadaran bahwa DIY merupakan daerah yang sangat rawan bencana. Selain DIY terletak Gunung Merapi yang merupakan gunung paling aktif di dunia yang berpotensi mengalami peningkatan aktivitas, DIY juga terasuk kawasan rawan gempa, seperti gempa besar yang terjadi pada 27 Mei 2006 yang menimbulkan ribuan korban jiwa.

”Kesadaran dan kesiapsiagaan semacam ini penting untuk meminimalisasi jatuhnya korban jiwa ketika terjadi bencana dimana kita sudah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam menghadapi bencana,” kata dia dalam rilisnya.

BACA JUGA : PDIP DIY Bakal Gelar Pameran UMKM Bertema Milenial

Ia menambagkan kegiatan terseyt juga dilaksanakan di seluruh DPC PDI Perjuangan kabupaten dan kota di wilayah DIY dan direncanakan menjadi kegiatan rutin, tanggal 26 setiap bulannya. “Ini untuk meningkatkan kesadaran, kesiapsiagaan, dan ketrampilan dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement