PDIP DIY Gelar Diklatsar Instruktur SAR Baguna

PDIP DIY Gelar Diklatsar Instruktur SAR Baguna/Ist
04 April 2021 20:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan ketrampilan Personel, Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan DIKLATSAR Instruktur SAR BAGUNA Se-DIY yang bertempat di auditurioum Kantor DPD PDI Perjuangan DIY pada hari Minggu, 4 April 2021, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Acara ini diikuti oleh 25 perwakilan BAGUNA dari tingkat DPD dan DPC Kabupaten/Kota se-DIY dengan bekerja sama dengan BASARNAS DIY sebagai pemateri dan instruktur, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Materi yang diberikan meliputi pengetahuan tentang kebencanaan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Dalam sambutannya Kepala BAGUNA PDI Perjuangan DIY, Dr Retno Handayani PD mengingatkan tugas personil BAGUNA sebelum, pada saat dan setelah terjadi bencana yang juga merupakan tujuan pelatihan tersebut.

”Tugas BAGUNA adalah mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan serta bantuan dan penanggulangan bencana yang meliputi bencana alam, bencana sosial, kebakaran, konflik sosial, pengungsi, bencana industri dan bencana kemanusiaan lainnya sehingga diperlukan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam penanganan korban bencana yang sesuai prosedur, terukur, dan memadai agar mampu memberikan pertolongan kepada korban bencana secara benar dan tepat untuk kemudian ilmu yang didapat dalam pelatihan ini diteruskan kepada personil BAGUNA yang lain di Kota/Kabupaten masing-masing”, katanya.

DPD Perjuangan DIY yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Kesehatan, Perempuan , dan Anak, Yustina Yuyut, S.Pd., M.Pd. dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan, ”Dengan semangat gotong royong yang diajarkan oleh Bung Karno, DPD PDI Perjuangan DIY senantiasa berusaha hadir di tengah rakyat bahkan ketika terjadi bencana melalui BAGUNA yang dengan persetujuan Dewan Pimpinan Partai dapat menggerakan dan mengorganisir semua kekuatan Partai dalam satu kesatuan tugas" katanya. (*)