Advertisement

Refleksi Hari Lahir Pancasila, PDIP DIY Gelar Sarasehan

Nina Atmasari
Rabu, 02 Juni 2021 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Refleksi Hari Lahir Pancasila, PDIP DIY Gelar Sarasehan Sarasehan di kantor partai yang diikuti oleh segenap fungsionaris DPD partai,badan atau sayap partai, dan kader-kader PDI Perjuangan DIY. - Ist/dok PDIP DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Tanggal 1 Juni adalah hari sakral bagi PDI Perjuangan. Partai politik ini selalu menjadikan hari tersebut sebagai momentum merefleksi peristiwa yang terjadi dahulu pada 1 Juni 1945, yaitu saat Bung Karno menawarkan dasar bagi Indonesia Merdeka. Bung Karno kemudian menamai dasar Negara tersebut dengan Pancasila dalam forum sidang BPUPKI.

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi Situasi saat ini dinamika politik bangsa masih menghadapi tantangan khususnya masih maraknya peristiwa radikalisme/fundamentalisme yang dilakukan kelompok yang ingin Indonesia memiliki paham dasar bernegaranya tidak mendasarkan pada Pancasila.

Advertisement

“Ini menjadi tanggung jawab bagi PDI Perjuangan untuk meluruskan dan mendukung Pemerintah untuk memerangi dan menghentikan upaya pengalihan atau rongrongan upaya kelompok tersebut,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (2/6/2021).

Baca juga: Selter untuk Orang Telantar di Bantul Ditarget Beroperasi November 2021

Ia menegaskan PDI Perjuangan sudah final menjadikan Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia dan secara nyata Pancasila dijadikan ideologi perjuangan bagi PDI Perjuangan. Ini tertuang nyata dalam Mukadimah Partai dan AD-ART Partai sehingga wajib bagi PDI Perjuangan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat yang majemuk ini.

DPD PDI Perjuangan DIY, lanjutnya, dalam peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini melangsungkan sarasehan di kantor partai yang diikuti oleh segenap fungsionaris DPD partai, badan atau sayap partai dan kader-kader partai.

“Seluruh kegiatan digelarn tetap mengindahkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan jumlah yang dibatasi 40-an orang,” katanya.

Ia menambahkan momentum hari lahir Pancasila ini juga sekaligus merupakan momen untuk dimulainya Bulan Bung Karno 2021 yang akan dilangsukan mulai 1 Juni 2021 sampai sebulan ke depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement