Advertisement

Kunjungan Wisatawan Naik, Dinpar Gunungkidul Tekankan Prokes

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 02 Juni 2021 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Kunjungan Wisatawan Naik, Dinpar Gunungkidul Tekankan Prokes Pengunjung bermain di kawasan Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kunjungan wisatawan di Gunungkidul mulai meningkat. Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul mengingatkan wisatawan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan peningkatan wisatawan mulai terjadi sejak libur Lebaran yang lalu hingga libur akhir pekan yang lalu Sabtu (29/5/2021), Minggu (30/5/2021), dan libur Peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Sultan Kembali Perpanjang PPKM Mikro di DIY

“Hari Sabtu itu 13.139 wisatawan, kemudian Minggu itu mencapai 33.480 wisatawan. Senin turun di kisaran 7.000 wisatawan. Selasa naik lagi tercatat 19.811 wisatawan. Sudah cukup tinggi dibanding pada masa-masa sebelum puasa,” ucap Hary, Rabu (2/6/2021).

Hary mengatakan untuk wisatawan kebanyakan memang masih dari dalam DIY, dan sekitarnya seperti Solo Raya, dan Magelang Raya. Sementara, destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah di kawasan pantai yang didatangi 90% lebih dari jumlah wisatawan yang ada. Selain itu destinasi yang banyak dikunjungi kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Dinpas menyarankan wisatawan diharapkan dapat mengisi data di aplikasi Visiting Jogja terlebih dahulu. Hary juga mengingatkan wisatawan yang akan berkunjung untuk memastikan dahulu dalam kondisi sehat, dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Patuhi dan taati protokol kesehatan yang sudah kami tentukan sesuai SOP baik di destinasi maupun di usaha jasa pariwisata,” ujar Hary.

Pengelola Ekowisata Nglanggeran di Kapanewon Patuk, Sugeng Handoko juga mengatakan hal senada dengan Hary. Bahwa selama masuk libur akhir pekan kemarin, ada peningkatan jumlah kunjungan. “Saya lihat memang lumayan ramai lancar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement