Rakerda PDIP DIY Gelorakan Desa Kuat Indonesia Maju & Berdaulat

Peserta Rakerda PDIP DIY sebelum memasuki ruang pertemuan/Ist
03 Juni 2021 13:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DIY menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah dengan tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Bedaulat". Dalam Rakerda DPD Partai ada beberpa hal yang dilaporkan.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY Totok Hedi Santosa, mengatakan Rakerda DPD PDI Perjuangan DIY diselenggarakan dengan tetap memenuhi protokol Kesehatan Covid-19 dan dihadiri utusan DPC PDI Perjuangan se-DIY, Badan-Badan Partai tingkat Daerah dan semua fungsionaris DPD PDI Perjuangan DIY.

"Rkerda DPD PDI Perjuangan DIY merupakan bagian dari perintah DPP Partai sebagai bagian untuk melakukan evaluasi kerja selama satu tahun ini dan termasuk juga merupakan bagian untuk memberikan arahan DPP Partai kepada DPD dan DPC Partai, serta bagian untuk merumuskan usulan program dan kebijakan yang dituangkan dalam rekomendasi rapat kerja," kata Totok Hedi Santosa melalui rilis, Kamis (2/6/2021).

Rakerda DPD PDI Perjuangan DIY menghasilkan beberapa point rekomendasi yang dituangkan dalam Bidang Politik, Bidang organisasi, Bidang Pemmenagan Pemilu dan Bidang Program. Antara lain, Bidang Politik merekomendasikan untuk tetap menjadi pelopor pembumian nilai-nilai Pancasila dalam kehudupan sosial masyarakat dan dalam setiap kebijakan pemmerintah.

Rekomendasi lainnya mendukung pemerintah dalam melawan dan menghentikan gerakan radikalisme dan fundamentalisme yang bertentangan dengan Pancasila.

"DPD Partai melalui petugas partai di Fraksi DPRD DIY mendukung kebijakan Keistimewaan Yogyakarta secara kritis, serta mendukung pemerintah dalam menghentikan laju sebaran virus covid-19 dengan terus kampanyekan prokes covid-19," kata dia.

Bidang Organisasi merekomendasikan pentingnya konsolidasi dua pilar (Partai dan Fraksi DPRD DIY) untuk mengonsolidasikan dan mensinergiskan kebijakan partai dengan fraksi.

BACA JUGA: Kawasan Industri Piyungan Melempem, Bupati Bantul Tegur Pengelola

Pentingnya kaderisasi partai dan merangkul kaum milenial yang pada konstestasi politik 2024 menjadi elemen strategis menentukan, penting mengoptimalkan Badan Partai untuk menjadi wadah kader muda dan kaum milenial yang ingin bergabung berjuang bersama PDI Perjuangan.

"Pentingnya mengoptimalkan kerja sekretariat partai sampai tingkat Desa sebagai wujud komitmen menjadikan Desa sebagai basis perjuangan partai," ujar Totok.

Adapun Bidang Program merekomendasikan melalui petugas partai di legislatif dan eksekutif untuk memberikan dukungan kebijakan sektor UKM/UMKM, pertanian, pariwisata berbasis desa, dan memperjuangkan hak-hak buruh dan difabel, serta memberikan ruang kaum millennial dengan kebijakan program ekonomi kreatif.