Advertisement

Jogja Perluas Target Vaksinasi, Kini Sasar Pralansia & Tokoh Masyarakat

Sirojul Khafid
Kamis, 03 Juni 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Jogja Perluas Target Vaksinasi, Kini Sasar Pralansia & Tokoh Masyarakat Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja memperluas target vaksinasi untuk warga masyarakat pralansia dan tokoh masyarakat. Pralansia adalah mereka yang berumur 50 tahun ke atas. Sebelumnya prioritas vaksinasi adalah untuk lansia atau yang berumur 60 tahun ke atas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, vaksin untuk pralansia berjenis AstraZeneca. Sejak tiga pekan sebelumnya, vaksin untuk dosis pertama di Jogja menggunakan AstraZeneca. "Juni 2021 akhir, target selesai [untuk vaksinasi] lansia dan pralansia. Tidak berhenti hanya itu, vaksinasi untuk layanan publik tetap jalan," kata Emma saat ditemui di sela-sela vaksinasi massal di Museum Diponegoro, Tegalrejo, Jogja, Rabu (3/6/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Calon Haji 2021 Dijadwalkan Berangkat Tahun Depan

Emma mengimbau masyarakat untuk tidak takut menerima vaksin AstraZeneca. Vaksin ini telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan bisa beredar. "Aman. Insyallah aman semua," kata Emma.

Sejauh ini, Pemkot Jogja telah menerima 5.000 vaksin AstraZeneca. Dari total itu sudah semua tersalurkan ke berbagai fasilitas kesehatan. Meski sudah datang vaksin ini, masyarakat yang dosis pertama menerima vaksin Sinovac, untuk dosis kedua juga tetap menerima jenis yang sama.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, berharap vaksinasi berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. "Semoga aman, semoga enggak ada sesuatu. Sampai saat ini lancar semua," kata Heroe.

Heroe mendorong vaksinasi berjalan cepat agar bisa menjamah prioritas kalangan lainnya. Hal ini sebagai upaya kesiapan Jogja sebagai tempat wisata.

"Jogja mau enggak mau, DNA-nya banyak menerima tamu. Dengan kondisi itu mau tidak mau harus lebih tinggi dalam percepat proses vaksinasi atau menjalankan prokes. Tidak ada pertahanan yang lebih efektif kecuali prokes, itu harus dilakukan oleh semua orang di mana pun dan kapan pun. Itu pertahanan yang paling baik," kata Heroe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement