Orang dengan Gangguan Jiwa di Bantul Didata untuk Calon Penerima Vaksin

Ilustrasi - Pixabay
07 Juni 2021 09:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sasaran vaksinasi terus dikembangkan untuk mencakup segala kalangan. Terbaru, Bantul telah mempersiapkan data Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebagai sasaran vaksinasi.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho membenarkan adanya wacana vaksinasi kepada ODGJ di Bantul. Abed yang dihubungi pada Minggu (6/6/2021) menuturkan bila saat ini proses tersebut masih dalam pendataan.

"Ada [vaksinasi untuk ODGJ]. Masih pendataan, di Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa. Data ODGJ ada di Dinsos, jadi Seksi PTM Keswa koordinasi dengan Dinsos," ujarnya.

Baca juga: Indonesia Kedatangan 313.100 Dosis Vaksin AstraZeneca

Ditegaskan Abed pada prinsipnya masyarakat rentan mencakup semua ODGJ dan disabilitas. Adapun kriteria sasarannya tetap mengikuti kaidah yang ada seperti belum pernah terpapar Covid-19 atau pernah terpapar namun telah lewat tiga bulan, tidak memiliki riwayat komorbid berat dan beberapa kriteria calon penerima vaksin pada umumnya.

Nantinya, ODGJ dan disabiltas akan dimasukkan dalam kategori sasaran masyarakat rentan, terpisah dengan kategori yang ada sebelumnya seperti tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia. "Kategori masyarakat rentan. Tapi untuk petunjuk teknis dan target sasaran kami belum tahu, menunggu provinsi," tandasnya.