Buntut Kerumunan Promo BTS Meal, McD Ditegur PHRI DIY

Logo McDonald - Istimewa
10 Juni 2021 15:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menegur restoran cepat saji McDonald's (McD) yang memicu kerumunan dengan promo BTS Meal, Rabu (9/6/2021). PHRI DIY mengingatkan restoran boleh berinovasi, namun protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan kerumunan kemarin menjadi keprihatinan.

BACA JUGA: Demam Korea! Bungkus BTS Meal McD Dijual dengan Harga Tidak Masuk Akal

“Kemarin pengelola sudah meminta maaf, kemudian aplikasi [pemesanan online] juga dimatikan. Berdasarkan info mereka yang di DIY juga hanya menjalankan dari pusat, dan infonya mendadak,” ucap Deddy, Kamis (10/6/2021).

Deddy mtidak akan menjatuhkan sanksi berupa penutupan. McD hanya diberi teguran dan diharapkan dapat berkoordinasi jika menggelar promo atau kegiatan.

“Kalau penutupan itu kan perlu dipikirkan juga efeknya. Bagi para pekerjanya, kemudian bagi supplier-nya, dan lain-lain. Kami harapkan tidak terulang lagi,” ucap Deddy.

Terlepas dari kerumunan yang ditimbulkan, menurut Deddy di tengah pandemi Covid-19, inovasi memang harus dilakukan. Tidak lupa, Ia juga mengingatkan inovasi harus dibarengi dengan prokes yang ketat.

“Misal promo McDonald's harusnya izin dulu kepada Satgas Covid-19, Kemantren, kemudian lapor pada kita juga, karena anggota kami. Promo bisa diatur sedemikan rupa waktunya, keamanan di luar diperhatikan, agar tidak terjadi kerumunan. Sehingga antara kesehatan dan ekonomi bisa berjalan beriringan,” ucapnya.

Associate Director of Communication McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka mengatakan menu BTS Meal akan menyapa pencinta BTS selama satu bulan ke depan.

“Kami pun ingin menginformasikan kembali bahwa BTS Meal bukan hanya tersedia hari ini saja, melainkan selama sebulan ke depan, sehingga kepada seluruh pelanggan tidak perlu tergesa dan khawatir akan kehabisan produk ini,” katanya.

BACA JUGA: Sempat Disegel, Siang Ini McDonald's Buka Lagi

McDonald's Indonesia juga sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Penutupan beberapa gerai McDonald’s di Indonesia dilakukan hanya sementara karena untuk keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan McDonald’s Indonesia.

McDonald’s Indonesia meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan BTS Meal, saat ini akan diberlakukan sistem buka tutup order pada platform pemesanan. "Hal tersebut untuk menghindari penumpukan antrean. Kami juga terus menghimbau seluruh pihak untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan," ujar Sutji.