Advertisement

Terus Tumbuh! Volume Kubah Lava Tengah Merapi Capai 2,1 Juta Meter Kubik

Lugas Subarkah
Minggu, 13 Juni 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Terus Tumbuh! Volume Kubah Lava Tengah Merapi Capai 2,1 Juta Meter Kubik Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, DIY, Rabu (7/1/2021). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Aktivitas erupsi Gunung Merapi masih terus terjadi, meski terpantau naik-turun. Kedua kubah lava yang muncul pada erupsi 2021 ini juga terus mengalami pertumbuhan, hingga pada pengamatan terakhir volumenya mencapai 2,1 juta meter kubik untuk kubah lava tengah.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknlogi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, menjelaskan berdasarkan analisis foto udara dengan drone, kubah lava sisi barat daya saat ini sebesar 1,3 juta meter kubik. "Sedangkan volume kubah lava tengah 2,1 juta meter kubik," ujarnya, Minggu (13/6/2021).

Advertisement

Dengan dua kubah lava yang terus tumbuh, altivitas berupa guguran juga masih terus terjadi. Di sisi tenggara atau yang bersumber dari kubah lava tengah, teramati guguran awan panas sejauh 1 km pada Jumat (11/6/2021) lalu. Pada hari yang sama juga teramati awan panas ke arah barat daya sejauh 2 km.

BACA JUGA: Covid-19 DIY Naik Lagi, Sehari 466 Warga Terkonfirmasi Positif

Kubah lava tengah juga teramati meluncurkan guguran lava pijar pada Jumat (11/6/2021) ke arah tenggara sejauh 700 meter. Pada hari yang sama guguran lava pojar juga terjadi di sektor barat daya srbanyak lima kali dengan jarak luncur maksimal 2 km.

Guguran di sektor tenggara kembali teramati pada Minggu (13/6/2021), yakni berupa lava pijar sebanyak empat kali dengan jarak luncur maksimal 1 km. Sementara awan panas tidak teramati baik di sektor tenggara maupun barat daya.

Dengan tingkat aktivitas ini status Gunung Merapi masih Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement