Advertisement

Dosen Teknik Kimia FTI UAD Latih Warga Bikin Hand Sanitizer

Yudhi Kusdiyanto
Rabu, 16 Juni 2021 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dosen Teknik Kimia FTI UAD Latih Warga Bikin Hand Sanitizer Tim dosen Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD berfoto bersama warga Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Di masa pandemi Covid-19 , berbagai upaya dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer menjadi rutinitas setiap orang.

Tingkat penggunaan hand sanitizer yang tinggi menjadi salah satu alasan bagi tiga orang dosen Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk membantu masyarakat membuat hand sanitizer secara mandiri.

Advertisement

Dalam program pengabdian kepada masyarakat yang digelar di Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, tiga dosen FTI UAD masing-masing Aster Rahayu, Siti Salamah dan Farrah Fadhillah Hanum, mengadakan sosialisasi pencegahan persebaran Covid-19 sekaligus pelatihan pembuatan hand sanitizer dan pembagian masker.

Kegiatan ini juga mengangkat tema pelatihan teknologi tepat guna limbah pertanian, yakni pengolahan sekam padi menjadi barang bernilai jual. Kegiatan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD ini berlangsung sejak April.

Sasaran kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan serta workshop pencegahan persebaran corona serta pemanfaatan sekam padi menjadi serbuk silika penyerap alami (bio-silika) dan briket yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” kata salah satu dosen, Aster Rahayu, dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (16/6/2021).

Pelatihan dan sosialisasi yang digelar diikuti ibu-ibu anggota Aisyiyah Ranting Mulyodadi, Bambanglipuro. Mereka antusias dan bersemangat dalam mengikuti penyuluhan dan pelatihan. Warga juga dibekali dengan pengetahun mengenai pembuatan hand sanitizer yang sangat mudah dan ekonomis.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga melibatkan dua orang mahasiswa Prodi Teknik Kimia UAD yaitu Muhammad Fariq Fajar dan Tobby Kurniawan. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement