Jasa Raharja Yogyakarta Taman Ribuan Pohon di Gunungkidul

Kepala Sub Bagian Keuangan, Akuntansi dan PKBL Jasa Raharja Yogyakarta Joko Sulistyo saat melakukan penanaman pohon progam Tanggungjawab Sosial & Lingkungan Hijaukan Alam Untuk Indonesia di Dusun Baturturu, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul, Jumat (18/6/2021)-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak
18 Juni 2021 19:57 WIB Abdul Hamied Razak Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- PT Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta merealisasikan Program Tanggung jawab Sosial & Lingkungan Hijaukan Alam Untuk Indonesia. Kali ini, Jasa Raharja melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Dusun Baturturu, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Akuntansi dan PKBL Jasa Raharja Yogyakarta Joko Sulistyo SE mengatakan ribuan bibit pohon yang ditanam terdiri dari bibit pohon aren, pete, beringin dan gayam. Ribuan bibit pohon tersebut ditanam di lahan seluas sekitar dua hektare.

"Ribuan bibit pohon ini diserahkan oleh Jasa Raharja kepada masyarakat melalui Kelompok Tani Batur Agung yang merupakan kelompok swadaya masyarakat Dusun Baturturu," kata Joko di sela-sela kegiatan, Jumat (18/6/2021).

Joko menjelaskan, bantuan bibit pohon ini merupakan bagian dari upaya Jasa Raharja untuk menghijaukan lingkungan Baturturu. Kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Jasa Raharja

"Pilihan jenis pohon yang kami tanam ini disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan dapat dimanfaatkan untuk menjaga lingkungan tetapi juga untuk produktifitas warga," katanya.

Dia berharap dengan penanaman pohon ini, Jasa Raharja juga dapat mendukung program penghijauan dan pelestarian alam di daerah Gunungkidul dan sekitarnya. Dengan area perbukitan, suasana Gunungkidul diharapkan semakin asri dan ramah lingkungan.

"Saat musim kemarau, kondisi Mertelu ini kering dan masyarakatnya kekurangan air. Penanaman pohon ini pun kami maksudkan untuk membantu kualitas tanah agar mampu menjaga ketanahan air. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kegiatan ini, lanjutnyaz akan tetap menjadi program prioritas bagi Jasa Raharja, agar masyarakat dapat diberdayakan dan swadaya dalam bidang ketahanan pangan yang akan mendukung ketahanan pangan nasional.

Lurah Desa Mertelu Saryanta mengatakan bantuan tersebut sangat bermakna bagi warga Mertelu khususnya di dusun Baturturu. Dengan banyaknya pohon yang ditanam nantinya diharapkan mampu membantu ketersediaan air bersih di dusun tersebut.

"Pohon gayam, itu baik untuk menjaga kualitas air bersih dan melestarikan lingkungan. Dengan upaya ini, mudah-mudahan ke depan masyarakat tidak kekurangan air bersih lagi," katanya.

Kepala Dukuh Baturturu, Sukirno mengatakan penanaman pohon bantuan Jasa Raharja tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga dengan baik. "Kami berterima kasih atas bantuan ini. Kami sangat berterima kasih kepada Jasa Raharja atas kepercayaannya untuk melaksanakan program bina lingkungan ini," katanya.