Covid-19 Klaster Dinas Pariwisata Kulonprogo Meluas, Total 30 Orang Terkonfirmasi Positif

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati-Harian Jogja - Nina Atmasari
20 Juni 2021 12:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Klaster penularan Covid-19 di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo meluas. Berdasarkan catatan gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo, terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak delapan kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan total pegawai Dinas Pariwisata (Dinpar) kabupaten Kulonprogo yang terpapar Covid-19 sebanyak 30 orang.

"Perkembangan kasus Dinpar Kabupaten Kulonprogo, terdapat penambahan sebanyak delapan kasus positif sehingga total pegawai Dinas Pariwisata positif sebanyak 30 orang," kata Baning pada Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Panglima TNI Minta Petugas PPKM Mikro Bekerja Lebih Maksimal

Lebih lanjut, penelurusan kontak erat juga sudah dilakukan kepada keluar pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo. Sebanyak 72 orang yang merupakan keluarga dari pegawai dinas pariwisata kabupaten Kulonprogo yang terpapar Covid-19 sudah dilakukan tes swab antigen.

"Kami juga sudah melakukan tracing kepada anggota keluarganya sebanyak 72 orang. Upaya tes swab antigen juga sudah dilakukan. Sebanyak 15 orang positif dan 15 negatif dan sisanya masih menunggu hasil swab," kata Baning.

Dengan adanya penambahan kasus positif Covid-19 dari pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo dan keluarga dari pegawai yang terpapar, total kasus positif Covid-19 dari klaster penularan Covid-19 dinas pariwisata kabupaten Kulonprogo menjadi 45 orang.

"Sehingga total kasus positif Covid-19 menjadi 45 kasus yang berasal dari Dinpar Kabupaten Kulonprogo," ujar Baning.

Adapun, kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo rencananya dibuka pada Senin (21/6/2021) esok hari. Pelayanan akan diberikan oleh pegawai yang dinyatakan negatif Covid-19.

Baca juga: Tracing Covid-19 Diusulkan Libatkan Operator Seluler, Begini Caranya..

"Direncanakan hari Senin (21/6/2021) kantor (dinas pariwisata kabupaten Kulonprogo) ini sudah melakukan pelayanan secara terbatas dengan pegawai yang hasilnya sudah negatif," ungkap Baning.

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo sebelumnya masih menunggu hasil swab yang dilakukan kepada sejumlah pegawai yang masuk kategori kontak erat sebelum membuka layanan secara penuh. Sebelumnya, 19 pegawai dinas pariwisata kabupaten Kulonprogo diketahui terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito menyatakan kantornya sementara ini ditutup dari segala aktivitas sembari menunggu hasil swab antigen yang menyasar sejumlah orang yang diketahui sebagai kontak erat.

"Total sebanyak 42 pegawai yang menjadi sasaran penelurusan kontak erat. Dari jumlah tersebut, 23 pegawai sudah menjalani swab tes ring pertama dan ditemukan sebanyak 19 orang terkonfirmasi positif. Swab tes ring kedua kemudian dilanjutkan kepada 19 pegawai lainnya dan kini tengah menunggu hasil," kata Joko beberapa waktu lalu.