Pasien Menumpuk, RSPS Bantul Tutup IGD

RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
28 Juni 2021 08:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Layanan kegawat daruratan di instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS) Bantul tutup hingga Senin (28/6/2021) malam. Penutupan IGD menyusul adanya penumpukan pasien.

Kepala Humas RSPS Bantul Siti Rahayuningsih mengatakan penumpukan pasien terjadi sejak semalam. Banyak pasien yang datang dan belum terurai. Oleh karena itu, pihaknya harus menutup IGD, sejak Minggu (27/6/2021) malam.

"Sejak jam delapan [20.00 WIB] malam IGD ditutup]. Kan, ada penumpukan pasien di IGD. Sehingga penuh," kata Siti, Senin (28/6/2021) pagi.

Selain menutup IGD, Siti mengakui jika ketersediaan ruang rawat inap bagi pasien Covid-19 di RSPS penuh. "Kondisinya dari kemarin penuh terus sejak kemarin," lanjutnya.

Selain RSPS, penutupan IGD khususnya untuk pasien Covid-19 dilakukan oleh RSPAU Hardjolukito.

"Untuk IGD umum RSPAU Hardjolukito tetap menerima pasien baru. Namun, untuk rujukan pasien Covid-19 RSPAU Hardjolukito belum bisa menerima pasien karena keterbatasan ruang perawatan dan masih dalam proses penambahan ruangan," kata Humas RSPAU Hardjolukito Letkol Kes Wartono.