Advertisement

Diguncang Gempa, Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Ringan

David Kurniawan
Senin, 28 Juni 2021 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Diguncang Gempa, Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Ringan Ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Belasan rumah dilaporkan rusak akibat gempa bermaknitudo 5,1 yang terjadi di barat daya Gunungkidul pada Senin (28/6/2021) pukul 05.15 WIB. Data sementara, kerusakan terlihat di Kalurahan Girisekar, Panggang dan Giripurwo, Kapanewon Purwosari.

Awalnya disebutkan bahwa gempa tersebut bermagnitudo 5,3 namun melihat lokasi episenter dan kedalamannya, gempa selatan Jogja tersebut diperbarui menjadi 5,1. 

Advertisement

Lurah Girisekar, Sutarpan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait dengan dampak gempa yang terjadi pada Senin pagi. Meski tidak ada korban jiwa, 14 rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Adapun rinciannya, di Dusun Bali ada sepuluh rumah; Dusun Warak satu rumah; Dusun Mendak satu rumah, Dusun Samak satu rumah dan Dusun Belimbing satu rumah. “Warga tidak ada yang luka. Rata-rata rumah rusak karena gentengnya berjatuhan,” kata Sutarpan kepada wartawan, Senin.

Menurut dia, warga sudah kerja bakti untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak. Hanya saja, kegiatan tersebut harus dihentikan sementara waktu karena hujan deras. “Sudah mulai diperbaiki karena kerusakan tidak ada yang parah. Tapi, ini berhenti dulu karena hujan,” katanya.

Baca juga: Jogja Diguncang Gempa Bumi 5,3 M, Getaran Terasa Sampai Jateng dan Jatim

Laporan kerusakan akibat gempa juga terjadi di Dusun Sumur, Kalurahan Giripurwo, Purwosari. Rumah milik Sujiyo rusak di bagian plafon hingga reruntuhannya menimpa satu unit laptop di dalam rumah. “Saat kejadian penghuni sudah bangun sehingga peristiwa ini tidak sampai mengakibatkan korban jiwa,” kata Lurah Giripurwo, Supriyadi.

Menurut dia, warga akan kerja bakti untuk memperbaiki rumah yang rusak dikarenakan gempa. “Di tempat kami hanya satu rumah rusak, sedangkan lainnya dalam kondisi aman,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, masih melakukan pendataan terkait dengan dampak gempa yang terjadi pagi tadi. “Masih didata. Kalau informasinya kerusakan terjadi di wilayah Saptosari, Panggang hingga Purwosari,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement