Advertisement

Pegawai Positif Corona, Disdukcapil Gunungkidul Hanya Buka Layanan secara Online

David Kurniawan
Senin, 28 Juni 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Pegawai Positif Corona, Disdukcapil Gunungkidul Hanya Buka Layanan secara Online Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul menutup sementara pelayanan administrasi kependudukan secara tatap muka, mulai Senin (28/6/2021). Sebagai gantinya pelayanan dilakukan secara online melalui nomor WA yang telah disediakan.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarjo mengatakan, penutupan kantor layanan kantor disdukcapil dilakukan sejak Senin pagi. Penutupan dikarenakan ada lima pegawai yang dinyatakan positif corona. sedangkan pegawai lainnya wajib melakukan isolasi mandiri sambil menunggu tes corona keluar.

Advertisement

“Hampir semua layanan tatap muka kami tutup mulai hari ini [kemarin]. Sebab, yang masih bisa dilayani hanya kepentingan legislasi dan surat keterangan untuk kepentingan khusus,” katanya kepada wartawan, Senin.

BACA JUGA: Kritis, Jane Shalimar Sempat Kesulitan Cari Rumah Sakit karena Penuh

Meski demikian, ia memastikan layanan kependudukan masih bisa diakses melalalui daring. Markus mengaku sudah menyiapkan nomor untuk pelayanan. Sebagai contoh, untuk layanan pencatatan kelahiran bisa menghubungi nomor 08112649092. Sedangkan untuk pengurusan pencatatan perkawinan, perceraian dan kematian menangkses ke 08112649093. Untuk layanan Kartu Keluarga, KTP elektroni, perubahan biodata dan kepenindahan penduduk bisa menghubungi 08112649097.

Dia menjelaskan, didalam pelayanan secara online ini sudah dilengkapi petujuk untuk proses pengajuan administrasi kependudukan yang dibutuhkan. Markus pun menyarankan kepada masyarakat untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum mengakses ke nomor dituju.

“Semua berkas harus dalam format foto. Nantinya akan ada petugas yang melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan,” ungkapanya.

Adanya pegawai yang positif corona berdampak terhadap pelayanan di Mal Pelayanan Publik di Terminal Dhaksinarga juga ikut ditutup. Hal ini dikarenakan adanya keterbatan pesonel di disdukcapil. “Untuk pengambilan dokumen, kami sarankan untuk cetak mandiri. Tapi, kalau mau ambil ke disdukcapil baru dilayani mulai 6 Juli mendatang,” katanya.

Penutupan layanan tidak hanya di Kantor Disdukcapil Gunungkidul. pasalnya, layanan di Kalurahan Pulutan, Wonosari juga ditutup sementara.

Lurah Pulutan, Rusmiyanto mengatakan, penutupan dikarenakan adanya salah satu pamong yang dinyatakan positif corona. Adanya kasus ini, ada 18 pamong yang kontak dengan pasien positif sehingga dilakukan pegetesan.

“Saya ikut yang dites. Rencananya penutupan dilakukan hingga hasil tes keluar. Sambil menunggu hasil tes keluar, kami akan menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement