Ini Data Lonjakan Pasien Covid-19 di Sleman

Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak\\r\\n
30 Juni 2021 18:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo menyebut, kasus harian penularan Covid-19 di Sleman terus melonjak. Dalam sepekan terakhir, rata-rata kasus harian masih di atas 300 kasus. Selain pecah rekor kasus harian, penuralan virus Corona selama Juni juga melebihi lonjakan kasus selama Januari.

Di bulan Januari, terang Joko, total pasien sejumlah 3.338 orang. Angka tersebut terus melandai hingga bulan Mei, meski ada penambahan sedikit di bulan seperti Maret dan April. Saat ini, menurut catatan Dinkes Sleman selama Juni, tercatat sebanyak 6.254 kasus aktif.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Putuskan PPKM Darurat di Jawa dan Bali

"Data ini masih tanggal 29 Juni. Kami prediksi pada 30 Juni ini masih akan banyak penambahan karena banyak sampel PCR yang belum keluar," katanya, Rabu (30/6/2021).

Adapun data keterisian TT atau bed Covid-19 di rumah-rumah sakit rujukan juga sudah overload. Dijelaskan Joko, saat ini pasien warga Sleman yang di rawat rumah-rumah sakit rujukan sebanyak 1.075 atau melebihi kapasitas tempat tidur yang ada. "Kapasitas tempat tidur di RS hanya 618 untuk bed Covid-19 non kritikal dan 67 bed kritikal. Hampir 700an bed. Artinya, sekitar 300an melakukan isolasi mandiri di selter dan rumah," katanya.