Advertisement

PPKM Darurat Diberlakukan, Ujian Tulis Calon Mahasiswa UPNVY Ditunda

Lajeng Padmaratri
Kamis, 01 Juli 2021 - 21:57 WIB
Nina Atmasari
PPKM Darurat Diberlakukan, Ujian Tulis Calon Mahasiswa UPNVY Ditunda Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se-Jawa dan Bali mulai tanggal 3 Juli mendatang membuat Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menunda ujian tulis dalam rangka penerimaan mahasiswa baru.

Rektor UPNVY, Mohamad Irhas Effendi menunda Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Jalur Seleksi Mandiri di sejumlah tempat, yaitu di Jogja, Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Madiun. Ujian yang sedianya akan dilaksanakan secara luring selama 2 hari pada Sabtu (3/7/2021) dan Minggu (4/7/2021) mendatang ditunda menjadi tanggal 17 dan 18 Juli.

Advertisement

Selain ditunda, pelaksanaan mekanisme tes juga berubah menjadi daring. "Penyelenggaraan UTBC diubah menjadi Ujian Computer Base Test (CBT) secara online pada tanggal 17 dan 18 Juli 2021," terang Irhas.

Baca juga: PPKM Darurat, Seluruh Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup

Adapun penyelenggaraan CBT akan dilaksanakan secara daring dari lokasi domisili peserta. Teknis penyelenggaraan CBT akan diinformasikan pada tanggal 13 Juli mendatang melalui laman pmb.upnyk.ac.id.

Wakil Rektor UPNVY, Suharsono menambahkan para peserta yang sudah mendaftar secara online dan memiliki kartu peserta UTBC akan mengikuti ujian CBT sesuai waktu yang ditentukan. Sehingga, ia mengharapkan peserta bisa aktif mencari informasi secara daring melalui website terkait.

"Karena teknis pelaksanaan UTBC dan CBT berbeda maka ketentuannya ujiannya akan berbeda. Peserta nantinya akan mencetak kartu test yang baru. Ketentuan dan syaratnya dapat dilihat di website," kata dia.

Baca juga: Seluruh Mal di Jogja Tutup 3-20 Juli

Penundaan ini menjadi upaya pengendalian dan pencegahan Covid19 mengingat peningkatan kasus Covid-19 di DIY dan daerah lain di Indonesia meningkat tajam. Namun, ia memastikan penerimaan mahasiswa baru akan tetap berjalan meskipun melalui sejumlah mekanisme yang disesuaikan.

Diketahui, daya tampung penerimaan mahasiswa baru UPNVY tahun 2021 yaitu sebanyak 3.640 mahasiswa dengan perbandingan SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 50%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement