Pengenalan Sekolah di Gunungkidul Dilaksanakan Secara Online

Ilustrasi - Antara
05 Juli 2021 19:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tahun ajaran 2021-2022 akan dimulai pada Senin (12/7/2021). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul berencana membuat edaran ke sekolah berkaitan dengan masa pengenalan bagi siswa baru.

Kepala Bidang SMP, Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan PPKM Darurat memengaruhi persiapan tahun ajaran baru. Sesuai dengan instruksi bupati, selolah dilarang menggelar pertemuan tatap muka atau pembelajaran dilakukan secara daring.

“Kami akan mematuhinya karena kebijakan tersebut untuk menekan laju penularan virus Corona,” kata Kisworo, Senin (5/7/2021).

Menurut dia, imbas dari PPKM darurat juga berdampak terhadap rencana pengenalan sekolah kepada siswa baru.

Kisworo mengungkapkan masa pengenalan bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi Zoom Meeting atau Google Meeting.  “Untuk teknisnya kami masih menunggu edaran terbaru dari kepala dinas. Yang jelas, pengenalan bisa memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi yang ada,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora Gunungkidul, Ali Ridlo, mengatakan pengenalan sekolah bagi siswa baru berlangsung selama tiga hari mulai 12-14 Juli. “Berhubung masih dalam PPKM Darurat, maka pengenalan dilakukan secara online,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip ini mengungkapkan, selain pertemuan antara guru dengan murid melalui aplikasi online, juga ada video tutorial tentang lingkungan sekolah. Ali mengungkapkan, video tutorial ini bukan menjadi soal karena pengenalan secara online sudah dilakukan di tahun lalu. “Kalau tidak ingin buat lagi, maka bisa menggunakan tutorial di tahun lalu,” katanya.