75 Warga Binaan Rutan Wates Divaksin AstraZeneca

Ilustrasi. - Freepik
09 Juli 2021 12:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates melaksanakan kegiatan vaksinasi pada Rabu (7/7/2021). Vaksinasi menyasar 75 warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kegiatan tersebut menjadi upaya vaksinasi Covid-19 pertama yang menyasar WBP di Kulonprogo.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 sebenarnya ditujukan kepada 77 warga binaan pemasyarakatan. Namun, dua tahanan tidak lolos screening kesehatan sebelum dilaksanakannya vaksinasi.

"Vaksin yang dipakai untuk dosis pertama ini menggunakan vaksin AstraZeneca. Sedangkan, petugas yang dilibatkan ada tiga dari Dinas Kesehatan Kulonprogo dan tujuh petugas rutan yang sudah dilatih untuk melakukan vaksinasi," kata Deny pada Kamis (8/7/2021).

Upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan kepada WBP maupun narapidana yang ada di Rutan Wates merupakan langkah antisipasi penularan Covid-19 di lingkungan rutan. Selain itu, upaya vaksinasi juga mendukung pemerintah dalam upaya vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Selama pelaksanaan imunisasi seluruh tahapan menggunakan protokol kesehatan. Satu per satu warga binaan dipanggil untuk mendapatkan suntikan untuk mencegah kerumunan. Vaksinasi tahap kedua nantinya akan dilaksanakan pada 6 Oktober mendatang. Para warga binaan juga diberikan kartu imunisasi," kata Deny.