Advertisement

Pendaftaran Vaksinasi Anak di Kota Jogja Bisa Lewat Aplikasi JSS

Sirojul Khafid
Minggu, 11 Juli 2021 - 08:57 WIB
Sunartono
Pendaftaran Vaksinasi Anak di Kota Jogja Bisa Lewat Aplikasi JSS Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS –Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mempermudah warga Jogja dari sisi pendaftaran vaksinasi Covid-19. Hal ini dengan memberikan akses pendaftaran secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan pendaftar via JSS ini untuk warga Kota Jogja yang berusia minimal 12 tahun.

Advertisement

"Pendaftaran secara daring ini sekaligus menandai dimulainya vaksinasi untuk anak di Kota Jogja. Perlu diingat, jika usianya kurang dari sehari saja, tidak bisa mendaftar. Tunggu sehari lagi baru mendaftar,” kata Heroe di sela-sela peluncuran aplikasi pendaftaran vaksin di Bank BPD DIY, Jogja, Sabtu (10/7/2021).

BACA JUGA : Ada 19 RS & 25 Puskesmas di Sleman Layani Vaksinasi Anak

“Layanan pendaftaran secara daring ini sudah dibuka per hari ini. Langsung ada 32 warga yang mendaftar.”

Bagi warga yang hendak mendaftar via JSS, cukup membuka aplikasi JSS dan memilih menu kesehatan. Nantinya akan muncul menu pendaftaran vaksin. Warga tinggal mengisi beberapa data yang diperlukan. Harapannya pengisian data dapat berlangsung kurang dari 10 menit agar pendaftaran tidak dianggap batal.

Selain itu, warga juga bisa memilih lokasi pelaksanaan vaksin dan waktunya. Namun untuk tahap awal pendaftaran secara daring melalui JSS ini, vaksinasi akan berlangsung di area parkir GL Zoo pada Selasa hingga Kamis.

“Untuk selanjutnya, kami akan mengalihkan seluruh proses pendaftaran vaksinasi melalui aplikasi ini. Termasuk pendaftaran vaksinasi reguler yang selama ini dilakukan di 18 Puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jogja.

BACA JUGA : Di Sleman, Anak Usia 12 Tahun ke Atas Mulai Didaftar untuk

Dengan sistem pendaftaran daring via JSS, harapannya perhitungan capaian vaksin khusus warga Jogja bisa lebih mudah. Selama ini kegiatan vaksinasi di Kota Jogja juga terbuka untuk warga dari kabupaten lain, terlebih jika warga tersebut bekerja di Kota Jogja.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi yang dilakukan Pemkot Jogja untuk dosis pertama sudah lebih dari 170.000 sasaran. Jumlah ini baik menggunakan vaksin Sinovac maupun AstraZeneca. “Khusus untuk Juli ini, kami akan menggunakan vaksin Sinovac, karena AstraZeneca sementara sudah habis,” kata Heroe.

Dengan segala kemudahan ini, Heroe berharap bisa segera terbentuk kekebalan komunal di Kota Jogja. Dengan perhitungan 70 persen warga telah mendapat vaksin, maka targetnya yaitu sekitar 300.000 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, kasus Covid-19 lebih banyak dialami oleh warga usia produktif rentang usia 20-59 tahun. Sedangkan untuk anak dari usia nol hingga usia 19 tahun tergolong sedikit.

BACA JUGA : Siap-siap! Jogja Segera Buka Vaksinasi untuk Anak

“Program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun kami menggunakan Sinovac, karena sudah mendapat izin. Dosis yang diberikan pun sama seperti dosis yang diperoleh orang dewasa. Jarak pemberian antara vaksin pertama dan kedua juga minimal 28 hari,” kata Emma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement