Advertisement

Di Sleman, Anak Usia 12 Tahun ke Atas Mulai Didaftar untuk Vaksin Covid-19

Abdul Hamied Razak
Senin, 05 Juli 2021 - 08:37 WIB
Nina Atmasari
Di Sleman, Anak Usia 12 Tahun ke Atas Mulai Didaftar untuk Vaksin Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mulai menerima pendaftaran vaksinasi bagi anak usia 12 tahun ke atas. Pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dilaksanakan di 19 rumah sakit, lima Klinik dan 25 puskesmas se-Sleman.

Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo mengatakan setelah melewati program vaksinasi Covid-19 tahap pertama (tenaga medis) dan kedua (pelayan publik) saat ini sudah masuk program vaksinasi tahap ketiga. Pada tahap ketiga ini, Dinkes menyasar kalangan masyarakat rentan.

Advertisement

"Mulai Juli ini di Kabupaten Sleman, kami menyasar kalangan masyarakat rentan. Seperti anak usia 12 tahun ke atas (12-17 tahun) dan 18 tahun ke atas," katanya, kepada Harian Jogja, Minggu (4/6/2021).

Baca juga: Puluhan Pasien Meninggal karena Kehabisan Oksigen di RSUP Dr Sardjito, Polda DIY Kerahkan 100 Tabung

Menurut Joko, pemberian vaksinasi Covid-19 dengan sasaran anak usia 12 tahun ke atas ini tidak berbeda dengan orang dewasa. Jenis vaksin yang diberikan adalah Sinovac, dengan interval 28 hari.

Dijelaskan Joko, pencapaian vaksinasi Covid-19 di Sleman cukup tinggi. Hingga awal Juli, katanya, capaian vaksinasi di Sleman untuk dosis I mencapai 125% dan dosis II mencapai 75%. Jika dihitung jumlah penduduk yang divaksin baru mencapai 230.000 orang. Jumlah tersebut, lanjutnya, masih jauh untuk memenuhi health immunity 70% penduduk Sleman.

Oleh karenanya, Dinkes mengajukan izin untuk memperluas cakupan vaksinasi ke kelompok usia dibawah 50 tahun, kelompok 18 tahun plus dan anak usia 12-17 tahun. Pengajuan tersebut pun disetujui. "Untuk stok vaksin Covid-19 untuk awal Juli ini masih ada 53.580 dosis," katanya.

Baca juga: Ribuan Karyawan Mal di Jogja Terancam PHK

Pelayanan vaksinasi bagi anak 12-17 digelar di 19 Rumah Sakit meliputi, RSUP dr Sardjito, RSUD Sleman, RS UGM, RSUD Prambanan, RS Bhayangkara, RS Mitra Paramedika, RS Gramedika 10,
RS Grhasia, dan RS Mitra Sehat. Selain itu, RS UAD, RS Panti Rini, RS Panti Nugroho, RS Puri Husada, RS Atturots, RS Charitas, RS PKU Gamping, RS Arvita Bunda, RSIY PDHI, dan RS Sakina Idaman.

Selain 19 RS, pelaksanaan vaksin digelar di lima klinik meliputi Klinik Parama Satwika, Klinik Kartika 0732, Klinik KKP, Klinik GMC, Klinik Poltekes Jogja serta 25 Puskesmas se Kabupaten Sleman. Untuk mendapatkan layanan vaksinasi, persyaratannya terdaftar sebagai warga Sleman yang berKTP Sleman/KK (bagi anak)/berdomisili di Sleman/Bekerja di wilayah Kabupaten Sleman.

"Bagi masyarakat disarankan untuk segera mendaftarkan diri, mulai dari anak usia 12 tahun, keluarga, sanak saudara melalui link daftarvaksin.slemankab.go.id untuk mendapatkan layanan vaksinasi," kata Ketua Pokja KIPI Sleman Novita Krisnaeni.

Setelah mendaftar, masyarakat dihimbau untuk menghubungi masing-masing faskes terdekat sesuai lokasi pendaftaran terkait jadwal pemberian vaksinasi. Ke depan, Dinkes akan mengupayakan penambahan fasilitas kesehatan secara bertahap guna percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement