SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Rangkul Wali Siswa Baru Jadi Keluarga Besar

SD Muhammadiyah Pakel Program Plus
11 Juli 2021 18:27 WIB Galih Eko Kurniawan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, SD Muhammadiyah Pakel Program Plus (SD MP3) Jogja setiap akan memasuki tahun pelajaran baru mengadakan orientasi wali siswa baru untuk menyamakan visi, misi, sekaligus memperkenalkan wajah sekolah dan program kegiatan.

Harapannya ada semacam daya rangkul sebagai bagian dari menjalin silaturrahmi antara sekolah, komite dan wali siswa baru sehingga tumbuh rasa kebersamaan, rasa memiliki dan solidaritas yang tinggi terhadap sekolah. Tentu yang tidak kalah pentingnya adalah menanamkan rasa bangga pada wali siswa baru terhadap SD MP3.

Menyadari akan pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak selama di SD, maka mereka sangat antusias untuk mengikuti acara tersebut via Zoom. Untuk tahun ajaran baru 2021/2022 ini acara orientasi wali siswa baru diikuti oleh 102 wali siswa kelas I serta enam wali siswa pindahan, yaitu masing-masing dua anak kelas III dan empat anak kelas V.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (10/7) pukul 08.00 - 10.00 WIB mengingat adanya PPKM Darurat sehingga tidak dapat dilakukan secara luring. Acara dibuat seringkas mungkin, yakni sambutan Pelaksana Tugas Kepala SD MP3, Novi Nuryany.

Sambutan dilanjutkan Ketua PCM Umbulharjo dan Komite Sekolah Suprapto. Biasanya di sela-sela acara, wali siswa baru disajikan video profil sekolah yang menggambarkan proses KBM siswa, kondisi gedung serta fasilitas penunjang pendidikan lainnya.

Untuk kali ini langsung ke materi inti yaitu pemaparan kurikulum, arah kebijakan sekolah serta tata tertib sekolah disampaikan Pelaksana Harian Ibu Rani Hidayatun didampingi Rina Suci Wulandari selaku koordinator kurikulum. Setelah itu dilanjutkan perkenalan wali kelas 1A Siti Andreani Fathonah, wali kelas 1B Rani Hidayatun dan wali kelas 1C Martha Setyawati.

Ketua PCM Umbulharjo, Mursih Haryono, menuturkan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak yang sekaligus sebagai sarana shadaqah jariyah karena mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Anak-anak bisa tumbuh berkembang menjadi pribadi yang cerdas, soleh dan solehah yang mampu membanggakan orang tua.

Ketua PPDB SD MP3, Endah Ismawati, menyampaikan kegiatan orientasi merupakan salah satu bagian terpenting dari semua proses penerimaan siswa baru. Kegiatan tersebut menunjukkan ada keseriusan antara pihak sekolah dengan wali siswa untuk bersama-sama mendidik anak-anak dengan sepenuh hati.

“PPDB tahun ini sudah sesuai target kuota tiga kelas, maka diharapkan untuk PPDB tahun 2022/2023 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021 sebab sudah ada beberapa siswa yang titip nama,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (11/7). (Galih Eko Kurniawan/*)