Rawan Penularan Covid-19, Vaksinasi Anak Harus Dikebut

Pelaksanaan vaksinasi anak di Kota Jogja, Selasa (13/7/2021). - Ist.
14 Juli 2021 07:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Vaksinasi dengan menyasar kalangan anak atau pelajar di Kota Jogja harus dikebut seiring peningkatan kasus positif Covid-19. Di Kota Jogja sudah ada ribuan anak berusia antara 10 hingga 19 tahun yang terpapar Covid-19.

Anggota Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Kota Jogja Nurcahyo Nugroho mengapresiasi langkah Pemkot Jogja yang telah melakukan vaksinasi mulai Selasa (13/7/2021) dengan menyasar pelajar.

Vaksinasi ini diharapkan dapat mengurangi angka positif Covid-19 terutama di kalangan anak. Mengingat berdasarkan data, kasus anak tergolong tinggi, tercatat ada 744 anak berusia 5-9 tahun dan 1.214 anak berusia 10-19 tahun terpapar Covid-19 di Kota Jogja.

“Kami apresiasi vaksinasi anak dan kami mendorong agar lebih dipercepat sasaran vaksin bagi anak ini. Karena ini sangat penting demi menyelamatkan generasi penerus, saat ini anak sangat rawan terpapar,” katanya Selasa (13/7/2021).

Ia menambahkan akselerasi vaksinasi bagi anak memang mutlak dilakukan di tengah penularan Covid-19 dengan kasus terus meningkat setiap harinya. Jika semakin banyak anak yang divaksin harapannya dapat memberikan kontribusi pada kekebalan komunitas. “Harapannya dapat meminimalisasi kasus Covid-19 pada anak,” ujar politikus PKS ini.

Nurcahyo menyarankan sentra vaksinasi dengan menyasar anak perlu terus ditambah, salah satunya sekolah. Ia meminta agar pemerintah menyediakan fasilitas vaksinasi secara langsung di sekolah.

“Kami meminta agar proses pendaftarannya dan sentra vaksinasi dipermudah. Untuk pendaftaran kan bisa online dan sentra vaksinasinya bisa dilakukan di sekolah-sekolah tempat mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja telah mengakomodasi anak usia 12 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksin. Bagi warga Jogja yang berminat vaksinasi, kini sudah bisa mendaftar melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi, jumlah anak usia 12 hingga 18 tahun di Kota Jogja tercatat 44.999 orang. Sementara usia 18 tahun ke atas mencapai 311.811 orang.

"Antusiasme yang tinggi ini akan kami fasilitas agar bisa segera mendapatkan vaksin. Termasuk hari ini, khusus usia SD yang naik ke SMP yang ikut vaksin di sini ada sekitar 250 orang," kata Heroe saat memantau vaksinasi massal di halaman parkir barat Gembira Loka Zoo, Selasa.