Bantul Bakal Terima Satu Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

Ilustrasi sapi - Pixabay
16 Juli 2021 12:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-- Bantul dipastikan akan menerima satu dari total 35 ekor sapi kurban yang akan dibagikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat  Iduladha 1442 Hijriah, Selasa (20/7/2021) mendatang.

Adapun sapi sumbangan Jokowi untuk Bantul akan dipotong di Masjid Jami Al Akbar, Kalurahan Srimartani, Kapanewon Piyungan, Rabu (21/7/2021) mendatang.

"Bantuan dari presiden satu ekor sapi yang dibeli dari salah satu peternak di Sleman. Nanti sehari sebelum lebaran [Iduladha], baru akan dikirim ke lokasi pemotongan,"  kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Dinas Pertanian,  Pangan,  Kelautan,  dan Perikanan (DP2KP) Bantul , Joko Waluyo, Jumat (20/7/2021).

Menurut Joko, pada Iduladha kali ini, Bantul tidak hanya menerima bantuan satu ekor sapi dari Presiden Jokowi, akan tetapi juga mendapat seekor sapi dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Waktu pemotongan sama dengan sapi bantuan dari Pak Presiden, yakni Rabu [21/7/2021] mendatang dan lokasi pemotongan di
Nogosari, Trirenggo, Bantul," jelas Joko.

Sebagaimana diketahui Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan Presiden Jokowib menyiapkan 35 sapi untuk kurban pada Hari Raya IdulAdha 1442 Hijriah. Untuk berat, Heru mengaku bervariasi, mulai dari 800 kilogram sampai satu ton.

"Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah," kata Heru.