Kemenag DIY Minta Umat Islam Salat Idul Adha di Rumah

Foto Ilustrasi salat. - Harian Jogja - Ist
19 Juli 2021 06:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY, Masmin Afif mengimbau umat Islam di DIY untuk tetap mengiasi rumah pribadi masing-masing dengan lantunan takbir, tahlil, tahmid, dan zikir untuk memuji dan mengangungkan atas nikmat Allah. Tidak melakukan takbir keliling dengan arak-arakan.

Masmin Afif juga mengimbau umat Islam tidak melakukan salat Idul Adha di masjid atau tanah lapang, “Salat Iduladha dengan keluarga inti di rumah masing-masing, tidak perlu di masjid atau tanah lapang,” kata Masmin Afif, Minggu (18/7/2021).

Kakanwil Kemenag DIY juga mengimbau agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus mengikuti Surat Edaran Menteri Agama, yakni di rumah pemotongan hewan (RPH) karena hal tersebut lebih praktis dan higienis.

“Ini pilihan paling bijak di tengah pandemi. Wujud nyata umat islam untuk memutus mata rantai Covid-19  yang meningkat tajam saat ini,” kata Masmin Afif.

Masmin Afig meminta semua kepala Kemenag kabupaten kota, kepala urusan agama (KUA) dan aparatur kemeng DIY untuk mengawal kebijakan Menteri Agama dan imbauan Kanwil Kemenag DIY dengan memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyaraka di semua tingkatan.