Advertisement

Karang Taruna Kota Jogja Kerahkan Puluhan Sukarelawan Bantu Tangani Covid-19

Sirojul Khafid
Rabu, 21 Juli 2021 - 13:57 WIB
Sunartono
Karang Taruna Kota Jogja Kerahkan Puluhan Sukarelawan Bantu Tangani Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Sebanyak 47 relawan penanganan Covid-19 dari Karang Taruna Kota Jogja siap bergerak. Menurut Ketua Karang Taruna Jogja, Solehul Hadi, relawan karang taruna ini akan membantu proses bagian pemulasaran hingga pemakaman jenazah dengan prosedur Covid-19. Relawan ini merupakan hasil rekrutmen beberapa waktu sebelumnya.

“Dengan kondisi saat ini, banyak anggota satuan tugas dan tenaga kesehatan yang kewalahan menangani Covid-19. Makanya teman-teman relawan dari Karang Taruna Jogja ingin mengulurkan tangan membantu penanganan pandemi,” kata Solehul, Selasa (20/7/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Karang Taruna Jogja Turun Tangan di saat Pandemi

Sebelum terjun untuk membantu penanganan Covid-19, seluruh relawan telah mendapatkan pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah dengan prosedur Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY. Dalam teknis di lapangannya, relawan karang taruna ini akan membantu BPBD Kota Jogja. Adapun pembagian tim yaitu tim pemulasaraan jenazah, tim pemakaman, dan tim posko untuk menangani proses administrasi.

Meski telah mendapat tugas secara spesifik, Solehul berharap ke depan penanganan Covid-19 dari relawan karang taruna bisa lebih luas. Tidak hanya dari segi penanganan jenazah, namun meliputi hal-hal lainnya.

“Kami berencana menambah 400 relawan untuk membantu mempercepat capaian vaksinasi massal ke seluruh warga Kota Jogja sehingga tercapai kekebalan komunitas,” kata Solehul.

BACA JUGA : Karangtaruna Bantul Gaungkan Gerakan Anti-Politik Uang

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Jogja, Krisnadi Setyawan, pelatihan bagi relawan karang taruna sebelum nantinya bergerak di lapangan sangat penting. “Tugas seperti ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Harus ada pelatihan dasar untuk memahami standar operasional prosedur sebagai bagian dari keselamatan saat menjalankan tugas,” kata Krisnadi.

Sementara menurut Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Lilik Andi Aryanto, keberadaan relawan dari karang taruna bisa menjadi salah satu solusi dari terbatasnya jumlah tenaga dalam hal pemulasaraan dan pemakaman jenazah dengan prosedur Covid-19.

Selain relawan karang taruna, sebelumnya proses pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Jogja juga melibatkan anggota Kampung Tangguh Bencana (KTB). Kelompok KTB ini sudah terbesar di berbagai wilayah kemantren dan kelurahan di Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement