Advertisement

PT Jogjasolo Marga Makmur Gelontorkan Dana Rp290 Miliar untuk Pembebasan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA

Media Digital
Rabu, 21 Juli 2021 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
PT Jogjasolo Marga Makmur Gelontorkan Dana Rp290 Miliar untuk Pembebasan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Pembayaran UGK di Desa Ngabeyan Kecamatan Karanganom, Klaten - Jawa Tengah (30/6 - 2021)/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Memasuki semester kedua pelaksanaan pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, selama tahun 2021 proyek ini telah menyerap dana lebih dari Rp290 miliar untuk Pembayaran Ganti Kerugian dan Pelepasan Hak Atas Obyek Pengadaan Tanah di Seksi 1.

Seperti telah disampaikan sebelumnya Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo terbagi atas 3 seksi:

Advertisement

- Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (42,37 km)
- Seksi 2 Purwomartani-Gamping (23,42 km)
- Seksi 3 Gamping-Purworejo (30,77 km)

Pembayaran terakhir untuk semester 1/ 2021 sebesar Rp11,39 miliar dilaksanakan di Desa Ngabeyan Kecamatan Karanganom, Klaten - Jawa Tengah (sebelum PPKM Darurat Covid 19 di Wilayah Jawa dan Bali).

"Masyarakat terdampak sangat antusias dan proaktif menyambut proses pembebasan lahan ini. Sebagian besar masyarakat terdampak sadar bahwa dengan adanya proyek pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo ini akan diuntungkan dari segi manfaat dan finansialnya," kata Ahmad Izzi, selaku Corporate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur, melalui rilis Rabu (21/7/2021).

Pristi Wahyono selaku Direktur Teknik PT. Jogjasolo Marga Makmur menjelaskan bahwa dengan direalisasikannya Pembayaran Ganti Kerugian dan Pelepasan Hak Atas Obyek Pengadaan Tanah di Desa Ngabeyan, maka hingga saat ini total yang sudah dibebaskan adalah 1.413 bidang.

Khusus untuk seksi 1.1 Ruas Solo – Klaten yang terdiri dari 3.233 bidang, telah bebas sebanyak 1.160 bidang atau setara 36 % dari total bidang yang dibutuhkan.

Selain digencarkannya pembebasan lahan, proses pembangunan konstruksi pun sudah dimulai sejak diterbitkannya SPMK (Surat Perintah Mulai Kerja) kepada PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, selaku kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan Tol SoloYogyakarta-YIA Kulon Progo untuk Seksi 1.1 Ruas Solo – Klaten.

Dukungan yang positif dari pemangku kepentingan dan masyarakat sangat diperlukan dan berpengaruh sangat besar terhadap pencapaian pembangunan Tol SoloYogyakarta-YIA Kulon Progo.

Dengan mengoptimalkan strategi dan mengembangkan berbagai inovasi, walaupun di tengah masa Pandemi Covid-19, PT JMM senantiasa terus berupaya untuk mewujudkan tercapainya pembangunan Tol Solo-YogyakartaYIA Kulon Progo sesuai target. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement