Advertisement

Kereta Bandara YIA Ditargetkan Beropersi 17 Agustus

Rahmi Yati
Jum'at, 30 Juli 2021 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kereta Bandara YIA Ditargetkan Beropersi 17 Agustus Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (8/5/2019). Saat ini KAI menyediakan KA Yogyakarta International Airport (YIA) dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP dengan pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojomo sebagai salah satu pendukung beroperasinya bandara YIA. - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menargetkan fasilitas Stasiun kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dapat dioperasikan pada 17 Agustus 2021 mendatang. Sementara progres pembangunan fasilitas tersebut hingga pertengahan Juli 2021 mencapai 41%. 

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan KA Bandara YIA yang nantinya akan menghubungkan YIA di Kulon Progo dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Rute perjalanan ini sebelumnya telah dilakukan uji coba jalur KA bandara dari Stasiun Kedundang ke YIA pada 19 Juli 2021. 

Advertisement

"Dengan hadirnya layanan kereta api YIA yang ditargetkan dapat beroperasi pada 17 Agustus mendatang, semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA seperti shuttle bus, taksi bandara, bus Damri, dan lainnya," kata Faik, Kamis (30/7/2021).

Menurutnya, kehadiran kereta api YIA  akan menambah konektivitas di wilayah Yogyakarta serta kota penyangga termasuk ilayah Jawa Tengah mencakup Cilacap, Purwokerto, Kebumen, dan Banjarnegara.

Baca juga: Gelombang Tinggi, Nelayan Gunungkidul Berhenti Melaut

Selain itu, dia menilai kehadiran KA YIA dapat memangkas waktu perjalanan dari Yogyakarta menuju YIA, dari sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 90 menit menggunakan kendaraan melalui jalan raya, menjadi hanya sekitar 36 menit saja.

"KA YIA ini nantinya direncanakan malayani 28 perjalanan/trip per harinya dengan kapasitas 200 penumpang per perjalanan atau 5.600 penumpang per hari," sebutnya.

Lebih lanjut untuk mengejar target operasi pada 17 Agustus, dia menyebut AP I melakukan proyek pembangunan atap yang berfungsi untuk tempat memayungi saat kereta berhenti (overcapping) dan peron stasiun selama 24 jam nonstop dengan sistem shift.

Pelaksanaan pekerjaan ini, sambung Faik, tentunya menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Stasiun KA YIA memiliki luas 1.500 meter persegi dengan kapasitas 200 orang serta dilengkapi dengan overkapping  sepanjang 300 meter dengan lebar 20 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement