PDAM Tirtamarta Jogja Luncurkan Air Minum dalam Kemasan

Ilustrasi air minum dalam kemasan - Womenshealthmag
02 Agustus 2021 10:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JETIS – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Kota Jogja meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bernama Ayo. Peluncuran Ayo juga dalam rangka memperingati ulang tahun PDAM Tirtamarta Kota Jogja yang ke-103 pada Minggu (1/8).

Menurut Direktur Utama PDAM Tirtamarta Jogja, Majiya, proses produksi dan produk Ayo sudah sesuai standar peraturan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Jogja menunjukan apabila Ayo telah memenuhi syarat dan ketentuan.

BACA JUGA : Produk Air Mineral Buatan Sleman Ini Ditarget Mampu Kuasai

Untuk saat ini, produk Ayo baru tersedia ukuran 330 ml. Setiap harinya PDAM Tirtamarta bisa memproduksi air minum ini setidaknya 5 ribu liter. "Namun seiring berjalannya waktu, kami akan terus memproduksi air minum ini lebih dari itu, tergantung permintaan dari warga masyarakat," kata Majiya, Minggu (1/8). "Saat ini, produk Ayo dari Tirtamarta tersedia hanya dalam satu ukuran. Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dikembangkan dalam ukuran lain."

Lanjut Majiya, peluncuran produk ini sebagai upaya Tirtamarta meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Dengan adanya Ayo, dia berharap bisa membantu Pemerintah Kota Jogja dalam menyejahterakan warga masyarakat melalui penyediaan air minum yang sehat.

"Di tahun 2021 ini, selain memberikan pelayanan melalui jaringan perpipaan, kami juga memberikan layanan melalui AMDK," kata Majiya.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengapresiasi produk AMDK Ayo dari PDAM Tirtamarta. Hal ini merupakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan air oleh masyarakat. “Kami sangat bangga terhadap PDAM Tirtamarta akan kiprah dan inovasinya. Kebutuhan air minum saat ini sangat tinggi termasuk kota-kota besar yang tidak bisa dilepaskan dari air minum dalam kemasan,” kata Haryadi.

BACA JUGA : Ribuan Botol Air Mineral Dibagikan untuk Penerima Vaksin

Haryadi berharap Ayo mampu diterima dengan baik oleh masyarakat. Terlebih kapabilitas PDAM sudah teruji dalam menyediakan air bersih dan air minum sesuai standar kesehatan. Sehingga produk ini tidak hanya fokus pada aspek bisnis, melainkan juga pelayanan.

Selain inovasi produk AMDK ini, PDAM Tirtamarta juga berupaya menyejahterakan warga di masa pandemi ini. PDAM Tirtamarta turut menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu bentuk bansos berupa sembako yang telah diberikan sejak 2020 lalu. Selain itu, adapula pembagian hand sanitizer, masker, serta berbagai vitamin kepada masyarakat.