Ini Perkembangan Kapasitas Bed RS untuk Pasien Covid-19 di Kota Jogja

Foto ilustrasi. - Reuters
02 Agustus 2021 17:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menyebutkan, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) pada rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di wilayah setempat berada di angka 78 persen di akhir penerapan PPKM level 4. Namun demikian, angka kasus terkonfirmasi Covid-19 diklaim menurun di masa penerapan PPKM level 4.

"Sudah di angka 78 persen per 1 Agustus BOR keseluruhan. BOR ICU itu ada di angka 95 persen," kata Kepala Dinkes Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, Senin (2/8/2021).

Emma menjelaskan bahwa, seiring dengan berakhirnya penerapan PPKM, BOR secara keseluruhan memang telah menurun. Hanya saja, untuk BOR ICU angkanya masih cukup tinggi. Dari sebanyak 43 tempat tidur [bed] ICU yang disediakan pihaknya sebanyak 41 tempat tidur telah terisi. "Itu dari tujuh RS rujukan Covid-19 yang ada di Kota Jogja," kata Emma.

BACA JUGA: Warga yang Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Tembus 20.000

Di sisi lain, Emma menyebut bahwa penerapan PPKM cukup berdampak baik bagi penurunan kasus Covid-19 di Kota Jogja. Secara umum, dia mengaku bahwa tren grafik kasus harian Covid-19 di Kota Jogja telah melandai sejak 10 Juli lalu. Sementara jumlah puncak kasus di masa PPKM berada di rentang waktu 4-10 Juli.

"Kalau angka kematian itu baru turun pekan ini yakni sejak 29 Juli lalu. Kalau kemarin kan itu di angka 30 an yang meninggal, sekarang sudah di angka 10," ungkapnya.