Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Libatkan Banyak Pihak

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji-Harian Jogja - Lugas Subarkah
04 Agustus 2021 21:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY terus berupaya mempercepat vaksinasi dengan menggandeng semua pihak agar September mendatang bisa mencapai minimal 70% dari total sasaran vaksin sebanyak 2,8 juta orang.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan upaya yang dilakukan untuk mempercepat vaksinasi adalah dengan berkoordinasi dan menggandeng semua pihak, termasuk TNI dan Polri yang juga melakukan vaksinasi selain puskesmas dan Dinas Kesehatan di tiap kabupaten dan kota.

Masing-masing pihak sudah turut serta melakukan percepatan vaksinasi. Soal stok vaksin, Baskara Aji belum bisa menyampaikan. Namun ia memastikan stok vaksin di DIY selalu habis sehingga Pemda DIY terus berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memperioritaskan pengiriman vaksin ke Bumi Mataram.

BACA JUGA: Takut Ketahuan, Pencuri Kotak Infaq di Gunungkidul Tinggalkan Motor di Masjid

“Pak Gubernur juga tiap saa kontak langsung dengan Pak Menkes untuk minta vaksin lebih banyak lagi. Dan segera ditambah 63.000 dosis hari ini mungkin kiriman satu sampai dua hari kedepan. Begitu datang langsung disalurkan ke kabupaten dan kota dan organisasi yang menyalurkan vaksin,” kata. Dia berharap vaksinasi sudah mencapai 70% dari total sasaran pada September mendatang

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Huda Tri Yudiana meminta Pemda DIY melakukan vaksinasi sampai ke kalurahan atau tidak hanya dipusatkan di perkotaan. Sebab selama ini vaksinasi paling tinggi baru di Sleman dan Jogja, “Kulonprogo, Gunungkidul, dan Bantul masih kecil,” kata Huda.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Kesehatan, capaian vaksinasi sampai 3 Agustus lalu sudah mencapai 1.178.949 orang atau 40,54% untuk dosis pertama dari sasaran 2.879.699 orang. Sementara dosis kedua baru442.473 orang atau 15,37%.