Kabar Baik, Keterisian Bed Pasien Covid-19 di RS Kulonprogo Mulai Turun

Dokter sedang melakukan perawatan pada pasien virus corona. - Reuters
06 Agustus 2021 21:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bed occupancy rate (tingkat keterisian tempat tidur) bagi pasien positif Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo tercatat berada di angka 69,3 persen. Sementara, prosentase keterisian bangsal dan antrean tercatat di angka 80,07 persen.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan data tersebut merupakan data yang dimiliki oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo per Kamis (5/8/2021).

"Total kapasitas tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di sejumlah RS rujukan penanganan Covid-19 sebanyak 114 tempat tidur," kata Baning pada Jumat (6/8/2021).

Lebih lanjut, kapasitas tempat tidur di masing-masing RS rujukan penanganan Covid-19 yakni di RSUD Wates dengan total tempat tidur sebanyak 54 tempat tidur. Bed critical terdiri dari enam tempat tidur dan sudah terisi semuanya.

BACA JUGA: Tersangka Korupsi Jual Beli Kios Abu Bakar Ali Diduga Gunakan Duit untuk Judi dan Minum Miras

"Sementara itu, bed non critical yang dimiliki oleh RSUD Wates sebanyak 48 dan sudah terisi sebanyak 42 tempat tidur. Kapasitas isolasi IGD sebanyak lima dan sudah terisi semuanya," kata Baning.

RSUD lainnya yang menjadi RS rujukan penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo yakni RSUD Nyi Ageng Serang dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 30 tempat tidur. Angka tersebut terdiri dari bed non critical sebanyak 30 tempat tidur dan sudah terisi sebanyak 20 unit.

Sedangkan, isolasi di IGD sebanyak tujuh tempat tidur dan sudah terisi sebanyak tiga unit. RS Swasta sendiri juga sudah melakukan penanganan pasien positif Covid-19. Kapasitas tempat tidurnya sebanyak 30 unit dan sudah terisi sebanyak 11 unit.

Angka keterisian tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo mengalami penurunan. Pada Juni hingga Juli, prosentase keterisian tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di sejumlah RS maupun RSUD berada di level sekitar 90 persen.

"Angka ketersediaan kasur atau BOR bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo bahkan mencapai angka 91 persen. Angka tersebut sudah masuk kategori memprihatinkan karena telah melewati angka 80 persen. Data tersebut merupakan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo pada tanggal 28 Juni 2021 lalu," kata Baning.