Advertisement

Pemkot Jogja Gelar Berbagai Lomba untuk Anak-anak, Peserta Bisa Kerjakan dari Rumah

Sirojul Khafid
Senin, 09 Agustus 2021 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Pemkot Jogja Gelar Berbagai Lomba untuk Anak-anak, Peserta Bisa Kerjakan dari Rumah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Jelang peringatan Hari Anak Nasional 2021, Pemerintah Kota Jogja akan galar beberapa lomba. Perlombaan ini khusus untuk anak-anak berusia di bawah 18 tahun. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Jogja, Edy Muhammad, lomba tersebut yaitu mewarnai, menggambar, dan presentasi dengan berbagai tema secara virtual.

Meski di masa pandemi, harapannya lomba ini bisa menjadi motivasi anak dalam mengembangkan kreativitas. “Kami berharap rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional bisa menjadi wadah, supaya anak-anak tetap kreatif meski mereka lebih banyak menjalankan aktivitas dari rumah,” kata Edy, Kamis (5/8/2021).

Advertisement

Adapun tema utama dari rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Jogja yaitu Anak Peduli di Masa Pendemi. Secara teknis, ketiga jenis lomba ini untuk tiga kategori usia yang berbeda. Untuk lomba mewarnai dapat diikuti anak usia 3-7 tahun. Gambar bisa diunduh melalui laman https://bit.ly/MewarnaiHKJ. Setelah diunduh, gambar perlu dicetak di kertas berukuran A4.

Baca juga: Mobilitas Warga di DIY Diklaim Turun 30%

Sementara untuk lomba menggambar diikuti oleh anak berusia 8-12 tahun. Bertema aktivitas keluarga, peserta bisa menggambar di kertas A3. Karya untuk lomba mewarnai dan menggambar dapat dikumpulkan pada 14 Agustus 2021 di Kompleks Balai Kota Jogja.

Sedangkan lomba presentasi untuk anak berusia 13-15 tahun. Peserta lomba dapat membuat materi presentasi bertema impian dan harapan untuk Kota Jogja dari berbagai sudut pandang. Beberapa di antaranya stop kekerasan seksual, stop pernikahan anak, stop narkoba, stop bullying dan stop perdagangan anak.

“Peserta adalah anak warga Kota Yogyakarta yang dibuktikan dengan Kartu Identitas Anak (KIA),” kata Edy.

Bagi pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, piala dan sertifikat. Penyerahan hadiah akan berlangsung pada puncak acara peringatan Hari Anak Nasional pada 19 Agustus 2021. Acara berlangsung secara virtual dari dua lokasi: Kompleks Balai Kota Jogja dan Taman Pintar. Dalam acara tersebut, akan ada pula pengukuhan Duta Anak dan pembacaan Suara Anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement