Advertisement

Perkuat Pendidikan Keagamaan, Ponpes Al Hikmah Buka Cabang di Nglipar

David Kurniawan
Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:27 WIB
Sunartono
Perkuat Pendidikan Keagamaan, Ponpes Al Hikmah Buka Cabang di Nglipar Pemimpin Pondok Pesantren Al Hikmah, Harun Al Rasyid (pegang mic) saat melakukan soft launching pembangunan pondok pesantren ketiga di Dusun Nglorog, Kedungpoh, Nglipar, Minggu (8/8/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, NGLIPAR – Pondok Pesantren Al Hikmah di Kalurahan Karangmojo, Karangmojo berkomitmen untuk memperkuat pendidikan agama Islam di Bumi Handayani. Langkah ini diwujudkan dengan membuka pondok pesantren cabang ketiga di Dusun Nglorog, Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul, Minggu (8/8/2021).

Pemimpin Ponpes Al Hikmah, Harus Al Rasyid mengatakan, berterimakasih kepada dua warga yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan pondok pesantren Al Hikmah III di Nglorog. Dari bantuan ini, ada lahan seluas hampir satu hektare untuk area pondok.

Advertisement

BACA JUGA : PPKM Darurat, Ponpes di Gunungkidul Awali Tahun Ajaran

“Kami sangat berterima kasih atas dukungannya dan mohon bantuan agar pondok dapat berkembang baik,” kata Harun dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (10/8/2021).

Untuk pengembangan, ia mengakui konsep yang dikembangkan sedikit berbeda dengan program di pondok utama. Pasalnya, pengurus tidak langsung membangun lingkungan pondok karena di tahap awal dikembangkan program Tempat Pendidikan Alquran (TPA), khususnya bagi anak-anak sekitar.

“Untuk gedung belum jadi prioritas, karena jika fokus disana, maka tenaga dan pikiran akan tertuju ke sana karena biayanya besar. Jadi, langsung dimulai dengan pembelajaran TPA dan sudah ada sekitar 50 anak yang ikut belajar,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan pendirian pondok di wilayah Kapanewon Nglipar untuk memperkuat pendidikan agama Islam di Gunungkidul. Meski demikian, program pendidikan formal tidak dikesampingkan karena para santri akan tetap mendapatkan, sama seperti siswa di sekolah umum lainnya.

“Akan ada kerja sama dengan sekolah-sekolah terdekat sesuai dengan jenjang pendidikan dari para santri. Jadi, paginya sekolah seperti biasa, sedangkan sore hingga malam dilakukan pembelajaran tentang agama,” katanya.

BACA JUGA : 6 Santri Ponpes Nurul Iman Bantul Positif Corona, 26 Santri

Tokoh Masyarakat di Dusun Nglorog, Radi mengapresiasi pembangunan pondok pesantren Al Hikmah III. Menurut dia, keberadaan pondok bisa memperkuat pendidikan agama Islam bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

Meski demikian, ia berpesan agar pondok dikelola dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran pasti ada kendala-kendala karena kemampuan yang dimiliki anak-anak tidak sama.

“Jadi harus dipahami karakter dari masing-masing anak tidak terbebani sehingga tetap mau belajar dan memperkuat pendidikan agama Islam,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement