Advertisement

Perkuat Pendidikan Keagamaan, Ponpes Al Hikmah Buka Cabang di Nglipar

David Kurniawan
Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:27 WIB
Sunartono
Perkuat Pendidikan Keagamaan, Ponpes Al Hikmah Buka Cabang di Nglipar Pemimpin Pondok Pesantren Al Hikmah, Harun Al Rasyid (pegang mic) saat melakukan soft launching pembangunan pondok pesantren ketiga di Dusun Nglorog, Kedungpoh, Nglipar, Minggu (8/8/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, NGLIPAR – Pondok Pesantren Al Hikmah di Kalurahan Karangmojo, Karangmojo berkomitmen untuk memperkuat pendidikan agama Islam di Bumi Handayani. Langkah ini diwujudkan dengan membuka pondok pesantren cabang ketiga di Dusun Nglorog, Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul, Minggu (8/8/2021).

Pemimpin Ponpes Al Hikmah, Harus Al Rasyid mengatakan, berterimakasih kepada dua warga yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan pondok pesantren Al Hikmah III di Nglorog. Dari bantuan ini, ada lahan seluas hampir satu hektare untuk area pondok.

BACA JUGA : PPKM Darurat, Ponpes di Gunungkidul Awali Tahun Ajaran

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Kami sangat berterima kasih atas dukungannya dan mohon bantuan agar pondok dapat berkembang baik,” kata Harun dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (10/8/2021).

Untuk pengembangan, ia mengakui konsep yang dikembangkan sedikit berbeda dengan program di pondok utama. Pasalnya, pengurus tidak langsung membangun lingkungan pondok karena di tahap awal dikembangkan program Tempat Pendidikan Alquran (TPA), khususnya bagi anak-anak sekitar.

“Untuk gedung belum jadi prioritas, karena jika fokus disana, maka tenaga dan pikiran akan tertuju ke sana karena biayanya besar. Jadi, langsung dimulai dengan pembelajaran TPA dan sudah ada sekitar 50 anak yang ikut belajar,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan pendirian pondok di wilayah Kapanewon Nglipar untuk memperkuat pendidikan agama Islam di Gunungkidul. Meski demikian, program pendidikan formal tidak dikesampingkan karena para santri akan tetap mendapatkan, sama seperti siswa di sekolah umum lainnya.

“Akan ada kerja sama dengan sekolah-sekolah terdekat sesuai dengan jenjang pendidikan dari para santri. Jadi, paginya sekolah seperti biasa, sedangkan sore hingga malam dilakukan pembelajaran tentang agama,” katanya.

BACA JUGA : 6 Santri Ponpes Nurul Iman Bantul Positif Corona, 26 Santri

Advertisement

Tokoh Masyarakat di Dusun Nglorog, Radi mengapresiasi pembangunan pondok pesantren Al Hikmah III. Menurut dia, keberadaan pondok bisa memperkuat pendidikan agama Islam bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

Meski demikian, ia berpesan agar pondok dikelola dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran pasti ada kendala-kendala karena kemampuan yang dimiliki anak-anak tidak sama.

“Jadi harus dipahami karakter dari masing-masing anak tidak terbebani sehingga tetap mau belajar dan memperkuat pendidikan agama Islam,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Bensin di Inggris Mulai Turun Menyusul Anjloknya Harga Minyak Mentah

News
| Minggu, 25 September 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement