Warga Rejowinangun Dapat Bantuan Beras dari TNI

Lurah Rejowinangun, Dyah Murniwarini, menyalurkan bantuan beras kemasan 5 kilogram kepada warga yang terdampak PPKM Level 4, di Kelurahan Rejowinangun, Selasa (10/8/2021). Bantuan tersebut bersumber dari TNI melalui Kodim 0734 Jogja. - dok.Lurah Rejowinangun.
12 Agustus 2021 08:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 37 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Jogja, mendapat bantuan beras sebanyak 5 kilogram per KK dari TNI melalui Kodim 0734 Jogja. Bantuan tersebut dikhususkan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19, terutama sejak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

“Bantuan ini khusus bagi warga yang belum dapat bantuan dari APBD maupun APBN,” kata Lurah Rejowinangun, Dyah Murniwarini, Rabu (11/8).

BACA JUGA : Beras 10 Kg & Bansos 300.000 untuk Warga Bantul Segera 

Sementara bantuannnya sendiri didistribusikan kepada warga pada 10 Agustus 2021 di kompleks Kelurahan Rejowinangun dengan protokol kesehatan yang ketat. Warga yang mendapat bantuan diundang dengan waktu yang berbeda-beda supaya tidak terjadi kerumunan.

Dyah mengapresiasi TNI yang sudah membantu warganya yang terdampak pandemi dan belum memperoleh bantuan. Dia memastikan 37 KK tersebut belum mendapat bantuan dari sumber APBD Jogja maupun APBN karena nama diusulkan dari bawah.

Sejak ada informasi bantuan dari TNI itu pihaknya langsung menginformasikan kepada ketua RW dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Dari lembaga tersebut kemudian diusulkan ke keluarahan, lalu kelurahan melakukan seleksi kembali sampai benar-benar data yang diusulkan belum pernah mendapat bantuan bersumber APBD maupun APBN.

Dalam kondisi pandemi ditambah lagi dengan adanya PPKM Level 4, Dyah melanjutkan, banyak warga yang terdampak. Terlebih hampir sebagian besar warga di wilayahnya yang terdiri dari 13 RW dan 50 RT adalah pekerja di sektor informal sehingga pekerjaan mereka terhambat dan benar-benar membutuhkan bantuan.

BACA JUGA : Beras Bansos Dipastikan dalam Kualitas Bagus dan Aman

Bantuan berupa beras tersebut diakui Dyah merupakan kedua kalinya. Sebelumnya sebanyak 35 warganya juga mendapat bantuan beras dari TNI dan Polri sebanyak 5 kilogram per kepala keluarga. Data penerima bantuan tahap awal maupun tahap kedua tersebut dipastikan beda sehingga semua warga yang terdampak mendapatkan bantuan semua.

“Saat kondisi seperti ini bantuan sangat dibutuhkan warga,” ucap Dyah.